Jurus dan Tenaga Dalam

Merpati Putih menggunakan tenaga dalam asli manusia, dengan permainan napas. Pada orang biasa, tenaga asli tersebut dapat dilihat dan digunakan hanya pada saat orang bersangkutan dalam kondisi terdesak saja. Misal: melompat pagar saat anjing mengejarnya di jalan yang buntu. Dalam keadaan kembali normal / tidak terdesak, orang tersebut serasa tidak percaya telah melompati pagar yang tinggi tersebut. Maka di dalam Pencak Silat ini, bagaimana menggunakan tenaga ekstra asli manusia tersebut pada saat normal, kapanpun dan dimanapun.


Pada orang yang terdesak, paru-paru menghasilkan zat yang bernama Adrenalin Tripospate (A.T.P). Maka dengan bantuan permainan nafas, tenaga tersembunyi manusia itu dapat diperoleh dan dikumpulkan di dalam tubuh. Ada beberapa Jurus Pernapasan di dalam Pencak Silat ini diantaranya Pernapasan Pembinaan dan Pernapasan Pengolahan. Juga Ada beberapa Teknik Jurus diantaranya adalah Rangkaian Gerakan Terikat (RGT) dan Rangkaian Gerakan Bebas (RGB) Selain itu juga ada beberapa Teknik Langkah dan Gerak, diantaranya adalah Langkah Praktis dan Gerak Praktis.

Selain dari Diri Sendiri (energi badan), pengambilan energi getaran di Pencak Silat Merpati Putih ini dapat pula diambil dari alam seperti dari Bumi (energi tanah juga pohon yang berusia amat tua), atau bahkan energi dari Angkasa (energi bintang, matahari ataupun bulan.

Beberapa tahun belakangan, ilmu tenaga dalam Merpati Putih yang mengandung energi dan getaran ini telah diselidiki lebih jauh secara ilmu pengetahuan dan dikembangkan juga untuk pengobatan serta untuk kepentingan orang tuna netra, agar mereka bisa membaca, membedakan dan mengenali warna serta dapat mempermudah segala aktifitas lainnya sehari-hari.

About these ads

79 Tanggapan

  1. mau nanya neh mas.

    sekarang.. saat melakukan nafas pembersihan merpati putih ? masih dimulai dengan menghadap ke arah selatan ??

    (maklum aku dulu ikut MP waktu masih muda terus gak lanjutin)

  2. masih,skrg mas mempelajari TD apa

  3. ATP di sini beda dengan ATP buat tenaga di otot ya? Adenosin Tri Phosphat?

    Trus Mau ga ngajarin saya teknik pernafasan di MP? saya tertarik sekali dengan MP.
    saya mau ikut latihannya tapi ga mau kalau harus latihan geraknya.
    coz, takut ganggu latihan saya. secara, latihan saya tidak kenal tenaga isi (keras)/mengeraskan otot.
    mau ya?

    btw, background saya Reiki. saya juga pernah melatih diri menggerakkan energi di badan fisik dan metafisik, dan menarik energi dari lingkungan sekitar (dapet manual dari internet juga :D ).

  4. hehehe.. di MP gak boleh bagi2 ilmu. kalo mau cari2 ilmu MP belajar aja di PS. Harimurti atau pensiunan MP.

    @mas poenk
    kenapa menghadap selatan mas ? apa ada filosofi khususnya ?
    sama seperti hubungan ‘rahasia’ antara bentengan dan garuda ?

  5. @mas herbiyu
    hehehe.. di MP gak boleh bagi2 ilmu. kalo mau cari2 ilmu MP belajar aja di PS. Harimurti atau pensiunan MP.

    “wah2 bru tau nih mas her apa ps harimurti itu pecahan nya merpati putih. masalah filosofi kurang tau juga nih soale msh newbie,btw di paris latihan tenaga dalam yg ada apa aja”

  6. Mas2 semua, maaf aku hanya ikut nambahin aza kok!

    “saya mau ikut latihannya tapi ga mau kalau harus latihan geraknya.
    coz, takut ganggu latihan saya. secara, latihan saya tidak kenal tenaga isi (keras)/mengeraskan otot.
    mau ya?

    btw, background saya Reiki. saya juga pernah melatih diri menggerakkan energi di badan fisik dan metafisik, dan menarik energi dari lingkungan sekitar (dapet manual dari internet juga :D ).”

    Taya kalo mau ikutan daftar aza langsung ke pengurus MP di tempat mas pasti ada deh jadi saya kira gak bisa tuh mas kalo latihan MP begitu aza….maaf ya mas!….

    terus kalo latihan tanpa guru/ pembimbing wah hati2 mas bisa2 kalo salah bisa fatal akibatnya mas jadi bagai manapun jangan sampai berlatih manual kecuali kalo mas pernah ikut dan sekedar untuk mengasah kemampuan atau mengingat apa yang sudah di pelajari di tempat latihan.

  7. makasih mas wawan atas tambahannya :D

  8. Mas, klo latian getaran itu gmn sih caranya, dulu saya pernah liat yg balik II keatas latian dengan 4 arah Utara, selatan, barat, dan timur tujuannya itu buat apa mas.?mohon penjelasan

  9. mas2, mp ini terkadang lebih menonjolkan diri kita berkuasa, padahal yg berkuasa itu hanya Allah SWT. Seakan2 manusia itu mampu untuk menghasilkan ilmu, padahal tidak……

  10. mas2, gue mau nanya, dari perguruan silat tenaga dalam yg ada, apakah mp ini yg tertua/pertama atau masih pecahan dari silat yg lain…mohon jawabannya….

  11. @ mas didi : mungkin kalaupun betul anggapan mas didi itu tdk mencerminkan mp secara keseluruhan paling hanya segelintir oknum2 yg tidak bertanggung jawab yg tidak memahami arti dan falsafah mp yg sebenarnya yg kebanyakan baru belajar dasar nya saja sdh sombong. dilihat dari janji anggota mp yg pertama saja (taat dan percaya kpd tuhan yg maha esa) sdh mencerminkan bahwa mp adalah orang2 yg berserah diri kpd Allah SWT (muslim). dan anggota mp tidak ditekankan utk mngatasi masalah selalu dengan kkerasasan lebih baik menghindar terlebih dahulu, mundur bukan berarti takut.

    @agus: kalau yg tertua mungkin tidak ya, tetapi termasuk perguruan silat yg tertua karena dulu mp termasuk beladiri yg ekslusif hanya dari keluarga kerajaan saja yg boleh mempelajarinya.

  12. apa khabar saudara di sana,

    saya nak tanya adakah MP ada di Malaysia. Jika tidak ada bagaimana hendak belajar

  13. Mz Q mw tx,sbnrx ap sich prbdan MP am prgruan slat2 yg lain sprt wlet

  14. dulu pernah ingin ikut MP, tapi katanya ngak boleh lantaran lain agama. Apa MP di jaman ini masih mementingkan agama?

  15. saya tertarik dengan MP dan pengen belajar, kalo di mataram NTB cabang dimana ya??
    kasi info dong

  16. setahu saya mp lintas agama kok alias bebas agama apa aja, klo kolat rasanya ada coba cari aja di google

  17. mas klo getaran itu bener2 bisa liat atau cuma bs ngerasain aja gelombang getarnya itu?

  18. mas kalau di bandung alamat MP dimana?………

  19. mas2 aku mo tanya nih. Aku kan ikut latihan mp,di mp kan diajari pernapasan tapi aku di rumah merokok Apa itu mempengaruhi hasil latihan atw tdak ya…???

  20. mas oman bisa search di google : ada kok MP BAndung

    tidak mas arsyad malah memang sebaiknya orang yg merokok ikut latihan pernafasan MP jangan terbalik lho ya yg ikut mp harus merokok :lol:
    saya aja alhamdulilah sekarang asma saya sudah sembuh total berkat Allah SWT dan latihan MP

  21. mas or mbak Senior di Merpati Putih, mohon info kalau ada anggota atw Kolat di sekitar Kendari, Sulawesi Tenggara. Saya dulu di Kolat Undip Semarang, baru Balik I tp krn studi sdh selesai, kembali di Kendari so tdk aktif lthn lg-. Saya pernah ikut tradisi ParangKusumo awal tahun 2006. Thanks klw ada yg mau berbagi info

  22. to ririn ; di mp itu latihannya bertahap tidak instan, seleksi alam kalau gak kuat ya minggir dan ilmunya itu selalu berkembang tidak ada istilah lulus terus berhenti gitu.
    to didi : DI MP tidak diajarkan sombong malah low profil orang mp” rumongso ora biso” semua kekuatan itu datangnya dari Tuhan melalui latihan

  23. saya sejak masih kecil ingin belajar MP hingga sekarang usia saya 38 tahun belum kesampain saya tidak tau belajar sama siapa dan dimana, diwilayah nganjuk dan sekitarnaya ada nggak kolatnya

  24. ikut testimonial
    dulu saya pernah ikut beberapa silat pernafasan termasuk MP. emang di akui MP tuh beda banget. kalo yg lain tuh teori dan angan2 doang, ada rasa panas dikit atau dingin dikit dianggap nya tenaga prana, cakra, bukaan, solar plexus, kundalini dsb ga ngertilah.. nafas nya pun halus2 rileks2 gitu lah.

    sempet belajar MP 3 bulanan beneran deh yg namanya panas otot tegang trus kepala seperti aliran darah semua kekepala…
    ngga perlu dirasa2 ada ini itu.. riil tenaganya wehehe..
    tapi ada negatifnya loh (selalu ada ya) kudu latihan terus.. tubuh kayak nagih gt.. tapi is allright di jamin makin sakti madra guna..lol… lom sampe getaran si baru aja 3 bulan gitu… pemula banget..
    trus berhenti deh gara2 kerjaan ..

  25. aku ikut gabung ya.aku anggota baru mp di bojonegoro slm m\knl bwt smua

  26. pagy

    .saya mwu nnya ni
    gmna si cara ngeluarin
    tenaga dalam itu?

    • @eby
      mgkn pernah baca buku2 silat jaman dulu seperti rajawali sakti, atw yg lokal seperti wiro sableng…kira2 seperti itu…btw ilmu2 yg ada di wiro sableng itu banyak yg mirip dengan keilmuan di MP lho…:)
      cara mengeluarkan…hmmm, memang harus dilatih sih…klo di MP tahapan awalnya pemecahan benda keras, kemudian getaran, keilmuan, dll…

      salam MP (dua jari di antara dua mata, satu genggaman tangan di hati)

  27. aku mau mendapat tenaga dalam yang canggih

  28. cr ngluarin TD..konsentrasi,alirkan smua TD ke tapak tangan anda,lalu celupkan tangan anda ke air,jika nanti air kluar glembung dr bwh tapak tangan anda..artinya..anda udh bs ngluarin TD itu,& stlah itu tarik kluar tangan anda dr air..& lht tapak tangan anda..trlihat bulatan yg ga basah atw ga kena air pas di tengah tapak tangan anda..

  29. Mau nanya nih..
    1. Kl mau belajar MP d sukabumi d mana ya?
    2. Kl tenaga dlm MP bs m’buat org terpental – walaupun orang tsb tdk dlm keadaan emosi – ga?
    3. Ap bnr tangan yg dialiri tenaga dlm, trs d celupin ke air bs menimbulkan gelembung udara?
    Makasih ya.. Mohon jawabannya.

  30. mo tanya kl d’balikpapan ada MP ga ?
    soalnya bgs b’at kshtan ..

  31. pengurus merpati putih yang terhomat ,saya mau tanya apakah di kendari ,sulawesi tenggara sudah ada tempat latihannya/alamatnya,terima kasih

  32. alamat merpati putih di balikpapan dimana yach???saya minta dong alamatnya yang lengkap

  33. Mas, -spa j yg th n mw jwb.hehe..-
    Q pgen kut MP, umur 19th, n msh nol dlm urusan bla diri. Pa Q msh bs kut?
    Trims b4

    • gea : dtg aja ikut latian setiap hari senin dan kamis jam 7 mlm tempatnya dikantor pajak gunung pasir.

  34. Ty lg deh mas, TD-ny mp pke cra” yg aneh g, mas.
    Msal pke bntuan jin, puasa mutih, wirid, bserta ttek bengekY.
    Klo craY kyk gtu ngeri deh kykY,,
    O ya, filosofi yg mgarah 4 mta angin td tu taw apalah, kamsudY pa?

  35. TATAGERAK DASAR 2 GERAK TERIKAT AD PERUBAHAN GA

  36. Mp berani gak melawan tae kwondo

  37. mas sesepuh MP yth
    sy mau nanya, apa benar anggota bs mengobati org lain mas ya? dan dlm tingkatan apa hal ini bs anggota MP dalami? Insya Allah, minggu dpn sy dh gabung dMP, ketertarikan sy krn anggota MP menurut literatur yg sy dapatkan slain bs beladiri jg bs mengobati tnpa pemakaian mantra2 ato klenik. hr dbls.

  38. mw tax ne mas lok mw bljr MP d mataram NTB d mn ea??????

  39. mw tanya, tenaga dalam d MP bs memental kan orang awam(tidak pekah) ??

    tolong d blz ya??

  40. Mas mas MP kira2 di Kota JAMBI ada Kolat MP nya Nggak? Mau belajar neh badan sudah nagih. Terimakasih sebelumnya

  41. bagi yang gabung latihan, silahkan hubungi :

    merpati putih kolat balikpapan

    sekretariat cabang : jln D.I. panjaitan,Strat .1. rt.04 no 04 balikpapan utara 72262 telp : 0542-423749

    mas erwin hub 081347747750
    mas wiwit hub 08125599768

  42. assalamu’alaikum wr.wb
    kalau dbogor da gk? saya skrg tiggal dparung bogor… klo pngen ikut belajar dmn y tmpat yg dket dg tmpat saya??? n gmn cranya buat dftar?
    wassalamu’alaikum wr.wb

  43. klo sma karate apa

  44. assalamualikum mp jaya terusssssssssssssssssssssss

  45. salammm mp!

  46. .mas sya mau tx
    1.klo msalx npas wktu pengendpan tu bcor efek smpingnya tu pa ja mas..?!

    tolong d lz..?!

  47. mas saya dulu pernah ikut saat kuliah di kolat uii tapi karena saya berhenti kuliah jadi berhenti juga latihannya…
    saya mau minta tolong minta latihan pernafasan untuk ketahanan nafas saat lari jauh…
    saya lupa latihan olah nafas maklum karena sudah lama tidak latihan akibat sibuk dengan pekerjaan…

  48. Apa iya

  49. saya dulu sekitar taun 87an pernah ikut mp tapi gak lama dan ada beberapa gerakan senam pernapasan yg saya sukai jadi inget terus dan sampai sekarang suka saya pakai gerakan tersebut kira2 gimana ya…?

  50. mau belajar MP tapi gak tau mau belajar dimana, sama siapa itu saya gak tau jadi kalau ada perguruan MP bilang yaah. tpi khusus buat daerah Cirebon aja hehe. soalnya rumah saya di daerah cirebon siih. makasih.

  51. aslm…mp bogor dimana mas?

  52. salam
    saya saking DIY,semoga guru menerima kulo dados murid guru

  53. wow keren amat bos.

  54. Maksih informasinya ya mas

  55. cabang MP di palemban ada nggak?

  56. di palembang ada enggak perguruan ini

  57. mas z mau tanya MP Di donggala sulteng di mana ya soal mau ikut tdk tau tempat.a

  58. kalok daerah sumut medan dmana nya ya gan..??

  59. ajariin donk masih pemula nech..

  60. Kata,a pljrn di mp gk blh di sbr??

  61. >>>>>>>

  62. saya dari tangerang mas kalo saya pengen belajar dimana ya ,tolong petunjuknya mksh.

  63. ilmu yang di pertontokan apalagi di iklankan itu bukan ilmu tapi sinetron rendahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: