Makna Lambang IPSI (Ikatan Pencak silat Seluruh Indonesia)

Makna Lambang IPSI

LOGO IPSI

Warna Kuning : berarti bahwa IPSI mengutamakan budi pekerti dan kesejahteraan lahir dan batin
dalam menuju kejayaan nusa dan bangsa

Bentuk Perisai Segi Lima : berarti bahwa IPSI berasaskan landasan idiil Pancasila, serta bertujuan
membentuk manusia Pancasila sejati

Sayap Garuda berwarna

Kuning berototkan merah : berarti kekuatan bangsa Indonesia yang bersendikan kemurnian, keluruhan dan
dinamika, Sayap 18 lembar, bulu 5 lembar + 4 lembar + 8 lembar berarti tanggal
berdirinya IPSI adalah 18 Mei 1948. Sayap 18 lembar, terdiri dari 17+1 berarti
IPSI dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan berssatu membangun negara

Untaian lima lingkaran : melambangkan bahwa IPSI melalui olahraga merupakan ikatan peri
kemanusiaan antara pelbagai aliran dengan memegang teguh asas kekeluargaan,
persaudaraan dan kegotong royongan

Ikatan pita berwarna merah

Putih : bahwa IPSI merupakan suatu ikatan pemersatu dari pelbagai aliran Pencak
Silat, yang menjadi hasil budaya yang kokoh karena dilandasi oleh rasa
berbangsa, berbahasa dan bertanah air Indonesia.

Gambar tangan putih

di dalam Dasar hijau : menggambarkan bahwa IPSI membantu negara dalam bidang ketahanan
nasional melalui pembinaan mental/fisik agar kader-kader IPSI berkepribadian
nasional serta berbadan sehat, kuat dan tegap.

Sumber : silatindonesia.com

About these ads

84 Tanggapan

  1. terima kasih mas atas informasinya..,

  2. tolong di perbanyak iklan, berita , dan tayangan yang berhubungan dengan olah raga pencak silat di media masa agar orang lebih banyak terobsesi dengan pencak silat sehingga niat menjadikan pencak silat sebagai jiwa bangsa indonesia lebih memungkinkan terwujudkan. Mengapa cabang olah raga lainya banyak di liput lalu kenapa pencak silat tidak ,…. jadikanlah ini PR bagi kita semua terutama yang berkeinginan pencak silat berkembang di negara kita,…..

  3. seharusnya pencak silat di indonesia dpt digunakan dgn baik tdk untuk dibuat untuk tawuran

  4. tolong pada smua pendekar agar bisa menjaga kedamaian,dan smoga PN dan TERATE bisa berteman baik…………….

  5. lambangnya ini dulu terobsesi dari mana siiiiiiiiiihhhhhhhhhh masak muncul secara tiba-tiba kan nggak mungkin???????????

  6. Tolong aku dong kirimin logo ipsi ke anang dosenku aku gak bs atas nama hakim

  7. Insya Allah, PN akan jga sikap

  8. makna benar, logonya salah, tolong logo didowload lagi dari buku munas ipsi 2007 yang dikeluarkan PB IPSI s TMII upaya logo tidak keliru, karena logo yang ini tidak ada ikatan pita dan kurang sempurna, sehingga beberapa cabang IPSI didaerah seolah-olah ini logo sudah benar dan menjadi patokan yang benar, padahal salah.

  9. perjuangkan terus ipsi. tolong lampirkan web pencak silat PB.
    DASINDO (Dayung Sakti Indonesia)

  10. maju terus Indonesia ku….

  11. semoga bisa berbagi informasi, kami dari PPS SMI (Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia) KOMWIL (Komisariat Wilayah) Jakarta Barat.

    SATRIA…!!!

  12. semoga bisa berbagi informasi, saya Kahfi, kami dari PPS SMI (Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia) KOMWIL (Komisariat Wilayah) Jakarta Barat.

    SATRIA…!!!

  13. wahai para pendekar sejati janganlah engkau nodai perguruan mu dengan sebuah kesombongan
    tetapi jadikanlah sebuah pencak silat menjadi benteng untuk kita dalam membela kebenaran dan melawan kebathilan..
    oK
    Hidup para ksatria ….
    maju terus jangan pernah engkau mundur dalm melestarikan budaya opencak silat…

    • aminnnnnn….
      saya juga ikut perguruan pencak silat di jambi dan saya berjanji tidak akan pernah sombong karna pencak silat itu gunanya tidak untuk di sombongkan tapi di perguna kan dengan baik dan benar

  14. wahai para pendekar sejati janganlah engkau nodai perguruan mu dengan sebuah kesombongan
    tetapi jadikanlah sebuah pencak silat menjadi benteng untuk kita dalam membela kebenaran dan melawan kebathilan..
    oK
    Hidup para ksatria ….
    maju terus jangan pernah engkau mundur dalm melestarikan budaya pencak silat…

    • ok, aq setuju untuk kita melestarikan budaya pencak silat…..
      hidup para ksatria………..

      semboyan
      ”OLEH HATI ADALAH INTI”

  15. SALAM GABUNG.,
    saya dr perguruan ORHADA atau “OLAH RAGA HATI DAMAI”

  16. Tolang terbitkan Logo Perguruan PD LINDO ( Lintau Komando )

    • kami tidak perlu menerbit kan gambar ataupun lambang,,,,,, yang penting bagi kami perguruan PD LINDO dapat melahirkan atlet2 yang mampu bersaing sampai ke kejuaraan dunia….

  17. Ass.salam persaudaraan untuk semua pendekar pencak silat di seluruh dunia,semoga pencak silat dapat berkembang lebih baik.kita jaga perdamaian seluruh dunia dengan bersama-sama. lebih baik berjabat tangan dari pada gontok-gontokkan

  18. Ass. salam buat semua para Pendekar, Saya adA didalam komonitas yang peduli terhadap Organisasi kepemudaan khususnya di Kota Bandung, merasa prihatin terhadap kekerasan yang dilakukan oleh Gang Motor kepada orang-orang yang tak berdosa. Maksudnya, kami perlu dukungan Moral dari para pendekar silat yang ada untuk mendukung kami melalui gerakan moral. Kami ada di Facebook “PASUKAN ANTI GANG MOTOR INDONESIA” caranya gabunglah dengan kami.

  19. saya dari PSHT.

    kita semua adalah saudara, mari kita jaga budaya kita. mari kita terus kembangkan pencak silat kita. jangan sampai punah…., ingat sombong adalah tanda-tanda seorang pengecut…./

  20. MAJUTERUS PANTANG MUNDUR

  21. Ciat!!!…

  22. salam damai dan salam budaya semoga ipsi tetap bersatu untuk bangsa dan ibu pertiwi ini.
    mohom doa restu para pendekar semua
    perguruan pencak silat nahdlatul ulama PAGAR NUSA ahad 8 agustus 2010, rapat kerja satu untuk pengurus cabang Jombang. semoga dengan terorganisirnya Pagar Nusa Jombang. akan semakin Solit dunia pencak silat di negeri ini.

  23. salam warga PSHT (persaudaraan setia hati terate) hidup pencak silat INDONESIA ……………HIDUP

  24. asslm..
    Buat ketua IPSI Tlong kasih nasehat buat PSHT Dan PN supaya jangan bermusuhan.

  25. asslm..
    Go IPSI.

    Go…go…go!!!

  26. Salam kesatria
    Saya dari peeguruan elang kesatria indonesia ingin menyampaikan agar penyelenggara untuk memperbanyak pertandindan kusus nya di wilaya sumatra,agar bisah memdapatkan bibit2 mudah yng terlatih,wassalam…

  27. salam buat warga sh terate d seluruh indonesia,,sh terate jaya abadi selamanya…!

  28. Maju terus Pencak Silat Indonesia jayalah dirumah sendiri dan seantero dunia………….

  29. kami ingin mendirikan perguruan silat baru apakah ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa membentuk suatu perguruan silat mohon informasinya

  30. pencak adalah seni jangan buat untuk tawuran atau berkelahi

  31. JALIN PERSAUDARAAN ANTAR IPSI

  32. SALAM PERSAUDARAAN, KITA SATU HATI SATU JIWA TERUSKAN TRADISI “SH”DENGAN SALING MENGHARGAI.(SETIA HATI TERATE)

  33. dimana tempat induk jusimondo

  34. jangan berseteru antar pencak silat dunk tuh..pencak silat indonesia dah di klaim sama malaysia….tunjukin kalo pencak silat indonesia tu bersatu….

  35. HARUS ITU klaw Bgtu q setuju!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  36. salam damai bwat ipsi dari pagar nusa ..knpa prguruan penck silat di indonesia kq di bwat tawuran ..pdahal qta smua i2 saudara za

  37. knpa PN.KS. k` gak bisa damae psht terate……trus gmna carax IPSI menanganix biar PN.KS.G selalu tempu sma PSHT……….

  38. slm Pagar Nusa, ,mari qt stukan hati, meenjujung tinggi persaudaraan,jngn lah sling mngejek, mari qt sling menghar gai.

  39. kpda wrga sh terate…mri kta jg organisasi kta dngn baik…maju ipsi maju terate..

  40. Assalamualikum.

    Sebelumnya sy minta maaf kl tulisan ini tidak berkenan. sy ingin memberitahukan bahwa
    Universitas Muhammadiyah jakarta mengadaan kejuaraan pencak silat antar perguruan se JABODETABEK TINGKAT SLTA

  41. bang.. saya minta infonya donk.. klo mau ikut latihan IPSI di daerah tanegrang Kota khususnya daerah cipondoh ada gak ya? atau di jakarta barat, mohon infonya bang… makasih..

  42. aduh” kok pada pusing semua

  43. INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN Telah pulang ke Rahmatulloh Ketua Panglipur Pusat Hj. Enny Rukmini Sekarningrat pada Hari Jumat Pukul 1.00 Tanggal 17 Juni 2011, Mohon Do’a dari seluruh yg mengenal Beliau agar Alhamrhum di tempatkan pada tempat Mulia di sisi Alloh SWT, serta di maafkan dan diampuni oleh Alloh SWT dari segala kesalahannya sewaktu hidupnya..Amiin

  44. Walaupun Qta brbeda tetapi Qta ttap brsatu, & jngnlah brbwt untk ke’jhtan …..

  45. saya sebagai warga psht. Semoga psht jaya selama2nya

  46. saya perguruan yang insya Alloh akan mulai bergabung dikancah dunia persilatan…! saya dari perguruan silat nasional …………..ABANG PENATAS…! jaya para pendekar bijaksana

  47. Mantap sob..
    Di tnggu linkbalnya ea. . .

  48. MAJU TRUSSSSS……. PANTANG MUNDURRRRR……..
    jayalah IPSI….. jayalah Perguruan Pencak Silat GELORA

  49. Slam sjahtera untuk kluwarga besar ISBDS cipta sejati dan jaya untuk klwarga besar IPSI…mari berjbat tngan antar perguru’an..hilangkan rasa permusuhan antar perguruan..’.

  50. Tolong minta

  51. Jaga persatuan antar perguruan, jangan saling mengejek antar perguruan… Ingat di atas langit masih ada langit… Untuk perguruan yang saling bentrok/tawuran! Brarti perguruan tsb msih belum layak ikut ipsi.. Pdhal salah satu syarat ipsi adalah tidak saling bermusuhan… Buktikan bahwa perguruanmu layak masuk ipsi… Salam hangat ISBDS CIPTA SEJATI

  52. apa guna sling tempur antar 0rganisasi…..
    PSHT jga nmA baEk tgkatkAn trADisi TRD. bwatlah tngan tUk sLing mN0Long jgn bwAt tempuran….

  53. Ayo sama2 kita majukan pencat silat indonesia

    “Ayo kita majukan”

  54. Kedepanmya

  55. Salam silat indonesia dan damai dari IKS.PI..

  56. smua pencak silat itu indah asal kita mengerti apa yg terkandung dalam pencak silat itu.
    ipsi mengedepankan persatuan antar perguruan itu bru betul

  57. Ass wr wb ,,,,,,,budayakan kesenian daerah dengan pencak silat ,,,,,,wassalam H.Muhammad Noor di Makkah Mukarramah

  58. Kami ikut berbela sungkawa atas meninggalnya ibu Hj Eni

  59. Kurang baik

  60. Tai anjeng

  61. makasih infox ,,,,
    tolong tampilkan lambang IPSI PEEGURUAN GAGAK HITAM .
    Dimohon ,,,,,,,,,,,,

  62. GARA.’ BLADIRI KX PDA MUSH MSHAN’

  63. Ksh tw lg dong, informasi pencak silat

  64. Aku boleh ikutan gk

  65. tolong tampilkan PO diseluruh indonesia

  66. Pencak Oganisasi jaya-jaya juara

  67. Tlg bwt smua prguruan pencat silat baik yg trdaftar mwpun tak trdaftar IPSI klian hrus damai cz sma” brasal dr Indonesia, trutama yg biasa.x tawuran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: