Sekilas Biografi Guru Besar Perguruan Merpati PutihPoerwoto Hadipoernomo

Oleh : S.Riyanto

170px-Mas pungPoerwoto Hadipoernomo, lahir di kota gudeg Yogyakarta pada 1 Desember 1944. Sebagai pewaris ilmu Bela Diri Tangan Kosong (Betako), sejak kecil akrab dengan tempaaan keilmuan Merpati Putih, ayahnya sendirilah yang selalu mengasah dengan ilmu beladiri ini. Ayahnya menanamkan disiplin, kerja keras, dan berani.

Bahkan ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar, suatu malam ayahnya mengajak jalan kaki menempuh jarak +40 km ke pantai parang kusumo untuk latihan. Ditengah-tengah latihan oleh ayahnya ditinggal sendirian di pantai yang gelap gulita, anak yang masih duduk di bangku SD itu harus pulang jalan kaki dikegelapan malam. Setelah beranjak dewasa, hasil tempaan orang tuanya mulai dipahami. Mas Poeng demikian panggilan akrab guru besar perguruan Merpati Putih, tidak pernah puas dengan hasil kerja kerasnya. Ia selalu belajar dan mendalami keilmuan yang berasal dari Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Amangkurat ini.

Agar perguruan ini dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan terorganisir dengan baik, maka pada 17 April 1998, ia mendirikan Yayasan Saring Hadipoernomo. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, ilmu kanuragan warisan orang tuanya mulai dikembangkan dan diteliti secara ilmiah bersama dengan adiknya, R Budi Santoso.

Beberapa lembaga seperti AKABRI Udara, Fakulas Kedokteran Universitas Gajah Mada, dan beberapa lembaga ternama dinegeri ini pernah meneliti ilmu pernafasan ini. Adenosin Tri Phospat (ATP) adalah senyawa kimia yang menjadi misteri dalam perguruan Betako yang dapat menimbulkan explosive power.

Hasil kerja kerasnya mulai diakui masyrakat, terbukti dengan diterimanya penghargaan demi penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

About these ads

38 Tanggapan

  1. Salam Peguruan
    saya sangat senang akhirnya MP bisa dikenal oleh masyarakat luas, saya sebagai anggota MP cabang banda aceh sangat mendukung semua yang dilakukan oleh MP pusat. dan kiranya juga dari MP pusat dapat memberikan perhatiannya juga ke MP cabang Banda Aceh

  2. Salam Persaudaraan,
    kami dari anggota Merpati Putih Cabang Banyuwangi mengucapkan banyak terima kasih kepada guru besar Merpati Putih,Mas Poerwoto Hadipurnomo,atas jasa dan pengorbanan beliau hingga saat ini Merpati Putih dapat berkibar dengan semangat persaudaraan yang sangat erat.
    Untuk saudara saudara anggota MP dimanapun berada jika ingin liburan jangan lupa singgah di BANYUWANGI,pintu kami terbuka lebar untuk saudara saudara.juga kami ingin mempererat tali silaturahmi antar anggota Merpati Putih.

  3. Mari kita jaga nama baik, perguruan, guru besar kita dan para senior dengan cara berlatih sebaik mungkin dan tanpa penyelewengan. Kalau ada perselisihan atau ketidak tahuan tentang keilmuan, pakailah rujukan bertahap (semisal, saya merujuk ke Mas Narjo dan Mas Poeng) karena saya murid Mas Narjo.

  4. Salam kenal untuk semua saudara-saudaraku seperguruan. saya murid Mas Nardjo dari cabang Banyumas, masuk MP mulai tahun 1981 dari kolat Unsoed Purwokerto, sekarang ikut mengembangkan di Cabang Ponororgo Jawa Timur.

    • ass… mas ilyas ni saya ingin sekali ikut merpati puttih cabang ponorogo tpi saya tidak tahu tempatnya yang prestasi… mhn dikasih tau

  5. mas pung saya bangga punya guru seperti anda
    mas saya mau beljr getaran lbh giat spya bsa diajarin ma ms pung
    terima kasih

  6. salam perguruan ,
    saya anggota merpati putih cabang jakarta timur bangga mempunyai guru seperti mas poerwoto hadi poernomo , karena dengan mas pung mp bsa dikenal d masyarakat luas ,
    kalau boleh saya mau langsung diajarin ma mas pung , gmn caranya ??

    • saya jg ikut bangga

      • saya sangat bangga menjadi anngota merpati putih
        saya ikut merepati putih bukan mau tingkatan tapi saya mau ilmu yang berguna bagi saya .
        ilmu mp jangan di pake untuk berkelahi tapi untuk hidup dan mati

  7. hai salam kenal dari penggemar perguruanmerpati putih untuk semua nya

  8. Sy doakan smoga slalu diberikan rahmat-Nya buat Mas Pung.. smoga MP makin maju di bidang keilmuan dan prestasi..
    buat mas ilyas dr ponorogo.. insyaAlloh saya akan kembali bergabung di mp ponorogo dlm wktu dekat, sekian lama waktunya saya merantau ke kaltim. udah lama ngga latihan bareng karna emg ngga ada mp cab kaltim. salam kenal mas ilyas, saya dari kolat bakti.. dulu saya lebih dikenal “si jabrik”.. satu angkatan mas Fajar..

    • MAS JABRIK, AKU WIS KANGEN KARO JENENGAN, DANG BALI, PONOROGO WIS RAME BANGET, SALAM KANGEN YO

  9. assallam..
    salam kenal buat smua anggota MP dimanapun berada..
    saya doakan smoga Mas Pung slalu dirahmatiNya..smoga MP makin maju di bidang keilmuan dan prestasi..
    Salam buat Mas Ilyas, insyaAlloh sy akan kembali bergabung di MP ponorogo,sekian waktu lamanya kurang lebih 7 tahun sy merantau ke kaltim..sdh lama ngga latihan bareng karna emg blm ada MP cab kaltim..sy “si jabrik” dari kolat bakti, satu angkatan mas Fajar..

  10. Mari kita mengenang kembali, perjuangan Sang Guru untuk mempersiapkan Mas Poeng dan Mas Budi, mempersiapkan Perguruan yang kita cintai dan banggakan ini serta perjuangan berat beliau. Insya’ Allah, kita tidak akan bersifat egois hanya untuk kebanggaan pribadi dan dapat mengurangi perbedaan perbedaan sehingga kejayaan Merpati Putih demi Nusa dan Bangsa akan terwujud ! Amin

  11. ass…
    salam perguruan…
    saya bangga karena telah bergabung dalam komunitas MERPATI PUTIH …..
    saya berharap agar pps betako mp lebih jaya dan dapat bertahan terus
    mas pung saya ingin tahu bagaimana caranya agar saya dapat belajar getaran dg baik…?
    agar saya dapat dilatih lgsg dg mas pung….
    terima ksh

  12. saya ingin bergabung dengan perguruan merpati putih di jakarta mohon beri petujuknya.

    kirim imel To: alfian_cradela@yahoo.co.id

  13. salam perguruan……
    mas poeng,mas yadi dan mas narjo karena mlalui beliau saya menjadi mnusia yang lbih baik dari sblumnya..mas narjo sbagai platih cab bms mmberi bnyak skali pmbelajaran bagi kami di cab bms dan mmberi inspirasi bagi saya pribadi.. ..mkasih mas…..

  14. ini apa mas puthut dulu dari sma I purwokerto ya ? aku ilyas mas, dari kolat unsoed. kepriwe kabare kanca-kanca banyumas,aku saiki nang cabang ponorogo. kalau ketemu Mas Narjo , salam ya

  15. Askum, saya karyawan swasta di kawasan daan mogot kalideres,
    mau ikutan belajar silat merpati putih yang dekat kawasan saya dimana ya ? mungkin rekan rekan ada yang bisa bantu… tolong email saya di
    d1m1805@yahoo.com,

    Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam,
    djay

  16. ass…saya alumni smuda purwokerto dan dulu juga di bawah asuhan mas nardjo, saya sedang mencari teman2 yg juga dari cabang banyumas

    karna saya ingin memulai lagi untuk latihan sendiri karna sekarang saya tinggal dan menetap di perancis…

    untuk teman2 yg punya buku dasar2 dan memang masih aktif tolong bantu saya ya…terimakasih sebelumnya…

    salam MP

  17. ohya lupa alamat emailnya, tolong japri saya di zaenna_anne@yahoo.com ok
    saya tunggu…

  18. terima kasih atas informasinya yang sangat penting

  19. brik dang bali, konco konco wis podo kangen lho

  20. mau bergabung kembali dengan merpati putih…tolong informasinya merpati putih jakarta selatan ke art_stress4ever@yahoo.com

  21. ass.sugeng kenalan.aq anak didiknya Mas Yadi Mintorogo.buat tmen2 MP mari kita jaga kemurnian keilmuan MP.klau mau belajar langsung dari sumbernya aja.Di Padepokan MP Madiun.

  22. salam perguruan MP cabang mataram……..
    senang bergabung………..

  23. sini pengikut merpati putih kalu berani bunuh diriku sendiri

  24. kalian pengikut2 palsu tak ada kokoh kalau kokoh itu belum pernah kuwalat kulawan sialan jadilah kalian bercelana hitam sejatinya itu putrih lautan seputih parang tritis di jogja

  25. mana buktinya kalu kalian pembela merpati putih yg benar kalau sejatinya akua adalah manusia sesat maka santetlah aku kalau berani!!!####

  26. BOLEH KALIAN tak percaya aku …….syeh siti jenar masuk dalam raga ………..keluar masuk tanpa isi padahal…… belajar silat bukanya tambah pandai justru jurus rahasia dibuangi….inilah hakekat merah putih bukan merah hitam sejati………..!!!!!

  27. Saya banyak denger cerita tentang kedkjayaan murid@ MP… saah satunya murid MP yg tuna netra yang bisa mengendarai motor…kebetuan anak saya ow visison sekang dia gadis kecil berumur 3 thn 4 bulan. Saya ingin anak saya bisa ikut menempa ilmu kanuragan MP dan berharap dia dapat melindungi dirinya dan mandiri…bisakah impian saya terwujud…? terima kasih untuk infonya. Saat ini kami tinggal di kayumanis matraman Jakarta Timur.

  28. SAYA LAMA MENDENGAR, MP APA DI KOTA SAYA SAMARINDA ADA PERWAKILAN MP

  29. salam perguruan
    saya bangga bisa menjadi anggota mp!
    saya benar2 kagum terhadap mp,smoga saya bisa menjadi anak yang berguna untuk nusa n bangsa setelah ikut mp!
    amien

  30. salam perguruan,
    thanks bgt bwt mp!!!!
    semenjak brgabung dg mp jalan hdup Q jd lebih mudah!
    trimakasah mp Q trcnta,AISHITERU MERPATI PUTIH

  31. AKU SANGAT SENANG SEKALI MASUK PERGURUA PENCAK SILAT MERPSATIH PUTIH KARENA DISSANA AKU BISA BELAJAR SEGALANYAAAAA
    MAKANYA AYO TEMEN2 KITA MAJUKAN PERGURUAN KITA INI………….

  32. mas.tolong saya d add sbagai keluarga PPS Merpati Putih………Saya balik 2..Kolat.sumpiuh..
    Trima kasih.

  33. saya ada dicikarang bekasi.ingin ikt bljr MP apa ada yg terdeket ya;suwun

  34. SALAM SEJAHTERA BUAT PENDEKAR MERPATI PUTIH….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: