Silat Harimau, Keindahan yang Mematikan

Kuncian dan tangkapan menjadi ciri khas aliran ini.

Gerakan dua orang itu sungguh indah dan menawan. Melompat dan bersalto, menjatuhkan diri ke lantai dengan kaki berputar, kadang terbang menaiki tubuh lawan lalu bersama-sama bergulung menyusur lantai.

Tapi, jangan salah, pasangan itu tidaklah sedang berakrobat, juga bukan memperagakan tarian nan rancak. Mereka adalah dua orang yang tengah memamerkan teknik Silat Harimau, yang diwarnai jurus-jurus atraktif, akrobatik, dan menawan. Meski tampak indah, di ujung tiap gerakannya justru selalu ada kuncian dan tendangan yang berbahaya serta mematikan bagi lawan.

“Seperti gerakan harimau yang lincah dan menarik, tapi juga menyiratkan ancaman bahaya dan kematian,” kata Edwel Yusir Datuk Rajo Gampo Alam kepada Tempo, yang menonton aksinya di acara diskusi Forum Pencinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia di Anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah, pertengahan bulan lalu.

Datuk Edwel–demikian ia biasa disapa–ketika itu mengenakan ikat kepala batik dengan ujung kain dibuat menonjol ke atas di dua ujung sisi kepala. Itulah yang disebut ikat kepala atau “deta” harimau, sebuah penanda bagi praktisi Silat Harimau. Tapi Edwel lebih dari sekadar praktisi. Dia sudah belajar aliran itu sejak usia dini dan kini telah menjelma menjadi seorang guru.

Silat Harimau salah satu aliran silat yang berasal dari Sumatera Barat. Edwel mempelajarinya dari banyak guru yang tersebar di Minang. Langkah pembelajarannya dimulai dari almarhum kakeknya, Dina Sutan Mangkuto.

Semasa hidupnya, sang kakek yang biasa dipanggil Inyak Anguik (Inyak adalah sebutan Minang untuk kakek) merupakan guru Silat Harimau yang terkenal di Balingka. “Sampai sekarang, kalau saya pulang kampung, selalu saja orang-orang tua di sana menceritakan kesaktian kakek saya itu, yang ketika itu bahkan memelihara delapan ekor harimau Sumatera di rumahnya. Harimau sungguhan, bukan harimau siluman,” kata Edwel.

Tapi Inyak Anguik tidaklah langsung mengajarkan silat itu kepada Edwel. Dia hanya mengajarkannya dasar-dasar beladiri sejak usia 10 tahun. Begitu bekal yang dimilikinya cukup, barulah ia menyuruh Edwel belajar Silat Harimau ke beberapa guru.

Edwel kemudian berguru teknik tangkapan dan kuncian dari Sidi Bakar dari Perguruan Baringin Sakti, Sungai Puar, Agam, Sumatera Barat. Ia juga memperdalam kuda-kuda dan teknik kuncian dari Enek Zainal di Pasaman Barat. Zainal, yang dikenal dengan julukan Harimau Berantai, mengajarnya dengan metode yang keras dan dilakukan pada malam hari.

Edwel juga sempat menimba ilmu dari Tadjudin Salim, yang dipanggilnya Pak Gaek dan terkenal dengan nama Malin Sampono. Uwan Muri di Linatu Tanah Datar–sekitar 60 kilometer dari Bukittinggi–sempat pula ia datangi. Kepada guru itu ia belajar teknik kuncian, termasuk latihan teknik dasar cakar dan cekikan dengan merobek tempurung kelapa dengan cakar tangan.

Dari kedua guru yang disebut terakhir itu, ia pun belajar teknik “mandi minyak angek”. Minyak kelapa yang dihangatkan semalaman saat itu dibalurkan ke badannya, yang membuatnya licin dan membantunya belajar teknik melepaskan diri dari kuncian.

Masih ada sesepuh lain tempatnya berguru. Sebut saja Emak Indo dari Balingka, yang juga menguasai aspek supranatural dari Silat Harimau. “Tapi saya tidak belajar aspek kebatinan itu,” katanya. Ia hanya belajar teknik tangkapan dan kuncian. Hal yang sama juga ia pelajari dari Datuak Kurai di Bukittinggi.

Kuncian dan tangkapan memang menjadi ciri khas Silat Harimau. Melumpuhkan lawan lebih kerap dilakukan dengan menangkap serta mengunci tangan, kaki, atau leher lawan. Umumnya, kuncian dilakukan sambil membawa lawan ke tanah. Kuncian itu akan sangat menyakitkan terhadap lawan yang rebah dan membuatnya tidak berkutik. Bila aliran silat lain bertarung dengan berdiri, Silat Harimau juga memiliki aplikasi teknik bertarung di bawah, seperti harimau yang bergumul dengan lawannya di tanah.

Manakala bertarung berdiri, Silat Harimau memiliki teknik akrobatik dan beragam, termasuk menyerang dengan lutut sambil menaiki tubuh musuh, serta teknik-teknik lainnya yang justru kerap diaplikasikan dalam teknik beladiri asing. Tak mengherankan jika aplikasi jurus-jurus Silat Harimau tak hanya efektif dan mematikan, tapi juga indah dan enak dilihat.

Karakter lainnya dari Silat Harimau adalah tak ada pukulan dengan tinju, tapi dengan pukulan cakar dengan telapak tangan terbuka. Cakar ini diarahkan ke muka, leher, dan kemaluan lawan. Bentuk tangan terbuka ini juga efektif untuk menangkap dan mengunci anggota tubuh lawan. Nah, siapa mau belajar? amal ihsan

Asing Lebih Antusias

Lahir di Bukittinggi, 6 Juli 1963, Edwel Yusri menempuh pendidikan akhirnya di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah di Jakarta. Tapi aktivitasnya tak pernah jauh dari melatih silat.

Dia pernah membagi ilmu di Perguruan Satria Muda Indonesia, Batalion Resimen Komando Kostrad 328 di Serpong, Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia di Depok, bahkan melatih anggota satuan keamanan stasiun televisi RCTI. Pengalamannya melatih membawa ia dan anak muridnya melanglang buana ke luar negeri, termasuk tampil di International Martial Arts Festival di Paris pada 2004.

Ia membentuk Yayasan Paguyuban Ikhlas yang berpusat di Tanah Abang. Yayasan itu kemudian menerbitkan buku tentang Silat Harimau dalam bahasa Inggris, yang ditulis oleh Sekretaris Jenderal Persekutuan Silat Antarbangsa (Persilat) Hariadi Anwar.

Edwel semula berniat mengajar silat terutama kepada komunitas warga Minang di Jakarta, tapi sekarang ia justru lebih tertarik melatih orang asing. Terakhir ada dua warga asing asal Inggris yang datang berlatih. “Orang-orang bule itu saya suka karena mereka antusias dan bersemangat ketika belajar,” katanya. “Mereka juga berdisiplin dalam latihan.”

Sementara itu, orang kita dinilainya tak punya semangat. “Sulit sekali mencari anak-anak muda yang tertarik belajar silat,” katanya. Kalaupun ada yang belajar, “Lebih banyak mengeluh, tidak antusias, dan sering datang terlambat.” Untunglah kini ia sudah memiliki empat orang murid yang konsisten belajar. Uniknya, “Tak ada satu pun dari mereka yang orang Minang,” ujarnya sambil tertawa. amal ihsan

diambil dari koran tempo

About these ads

126 Tanggapan

  1. pak saya mo liat liat dmn yach pak
    saya kan orag padang ,emank orang padang diri gak
    peduli ma budaya nya semdiri
    cuma ngurusin persatuan minang ja
    tapi pencak silatnya gak pernah untuk dipublikasikan
    bahkan menyuruh anak nya sendiri jah gak
    tapi saya belajr silat cingkrik dari betawi
    tapi klo da yang ngajarin saya mo bljr pak

    • Ass.WbWb
      Ruponyo alah tajua kampung lamak soto betawi dari soto padang kalau ada niat ingin belajar silek Harimau Alhamdulillah .Baa kecek-kecek nan tuo “ooi buyung lakeh lah gadang, kapambakik batang tarandam,kapaapuih malu dikaniang,kapanunggu piutang lamo,kapanapiak mato padang,kapanantang matohari,kapalawan dunia urang,kapandiri pusako lamo.Sekian dari Edwel Datuak Rajo Gampo Alam.

      • makasih atas kunjungannya ke web saya datuk
        merupakan suatu kehormatan bagi saya :)

      • Assalamualaikum WBWB
        Maaf Pak Admin saya menjawab pertanyaan dengan bahasa Minang,dan saya sangat terimakasih kepada pak Admin karna telah memperkenalkan silat harimau yang merupakan warisan dan aset Bangsa.
        Wassalam

        Edwel Datuk Rajo Gampo Alam

      • Pak datuak numpang tanyo ambo ciek, umur ambo 26 tahun kini dulu pernah ikut SMI tapi kini-kini ko lah makin bakurang tampek latihan, kok ambo mulai kini lai indak talambek tu pak datuak. Mohon bantuannyo… silek tu paga diri kato urang2 tuo… Tolong di jawab pak… Tarimo kasih…

      • pak datuk saya anto di depok kalo ingin belajar pencak silat harimau di mana pak mohon bantuannya..

      • wak nio baraja pak

    • ssssssst anda jgan beranggap bgtu
      dlam sejarah minang kabau tdak prnh sama sekali meninggalkan budaya dan adat budaya minang?

    • pak dmn alamat perguruan nya

  2. masuk http://youtube.com
    cari atau masukan kata kunci ” silat harimau”
    insya Allah ada di sana

  3. Bisakah aq mendapatkan jurus 2 mematikan terbaru yang mematikan..seperti “Ilmu PukulanCahaya Rembulan PurnamaSidi….?

  4. ADAKAH LEGENDA SILAT HARIMAU YANG LAIN?

  5. perguruan silat harimau di jakarta dmn yah? saya tertarik untuk belajar

    • Terimakasih .
      Kalau anda berminat silahkan datang ke Jln.Fackrudin nomor 6 Tanah abang Jakarta Pusat atau Kontak Person Telp.0213912372 dengan Edwel Datuk Rajo Gampo Alam.

      • Assalamualaikum WBWB..
        jo karandahan ati ambo minta izin batanyo,,
        kapado pak edwel datuak rajo gampo alam.
        namo ambo haris.
        ambo kini ba umua 20 thn.
        ambo asli bukittinggi jambu aia.
        ambo kuliah di UPI pdg,
        lah dr dulu ambo sabna nio baraja silek harimau.
        ambo sabana berminat sajak ambo mandanga carito dr almarhum nenek ambo.
        tapi lah sado urg nan tuo tuo ambo batanyo dima baraja silek ko.
        ndak surang alah juo nan tantu.
        kini ambo ilang arah,
        ndak tantu kama mancari urang nan bisa ma ajaan ambo silek ko,
        pernah ambo mancubo masuka tarung darajat,
        tapi ambo ndak menemukan jati diri ambo disitu,
        ati ambo tetap juo bakareh untuk ka silek harimau tu.
        jadi disitu ambo maraso wajib untuak baraja silek ko,
        karano setelah ambo caliak dan ambo pikia.
        sia juo nan kamalanjuikan budaya awak ko kalau ndak nan mudo mudo ko.
        ibo ati ambo mancaliak ndak ado bana silek tu kini disiko.
        ibo ati ambo mancaliak warisan minang nan baharago tu lah ndak nampak,lah mailang se ndak tantu kama.
        ibo ati ambo ndak bisa manaruihan budaya awak ko.
        ambo ingin manaikan namo silek ko baliak,
        ambo ingin nan mudo mudo jo nan ketek ketek kini ndak lupo jo nan baharago ko,
        ambo ingin bisa mambuek urang2 bangga jo budaya asli awak ko,
        ambo ingin silek kko tetap ado sampai kiamaik.
        jo karandahan ati ambo kambali maminta la apak,
        kama ambo musti malangkah kini??
        tarimokasih pak,
        Assalamualaikum WBWB..

      • assalamuaikum Datuak Edwel..
        perkenalkan, saya Hana..
        saya sedang mebuat skripsi tentang film Merantau, saya sudah beberapa kali menghubungi Mr. Gareth, saya juga pernah menghadiri workshopnya..
        disini saya ingin bertanya bagaimana saya bisa mengontak Datuak, saya butuh wawancara mengenai silat harimau dan budaya Minangkabau ini terkait dengan skripsi saya tentang film Merantau..
        boleh saya minta alamat email Datuak?
        sebelumnya terima kasih..

      • mak edwel datuk rajo gampo alam, ambo nio batanyo. klo untukak yang di padang kotanyo. tampek latihanyo dima?
        KARNA Kemenakan lah bantanyo jo urang2 di siko, sampai kini alun ado yang tahu. mohon bantuanyo

      • Asslamualaikum datuak..sy bkan orang minang
        Tpi orang bengkulu..sy sangat tertarik belajar silat harimau krn bagi saya silat adalah ruhnya bangsa indonesia,sy tnggal didepok shingga klo blajar ke tanah abg sy terbentur dg dinas.. tolong minta sarannya datuak…? Trmokasiah sbelumnya..

    • cepat pantas
      atas tews

  6. Assalamuaalaikum…wr..wb……………..

    Prknlkn sy ardy, asl Nanggrou Aceh Darusalam ( NAD). sy slm ini aktif di MP cbg B.aceh. Sy ingin mnanyakan klw di aceh ad g y silat harimau? krn sy sgt kpingin mmpelajarinya.

    Sekian dan trima kash…………….

  7. Pak datuak numpang tanyo ambo ciek, umur ambo 26 tahun kini dulu pernah ikut SMI tapi kini-kini ko lah makin bakurang tampek latihan, kok ambo mulai kini lai indak talambek tu pak datuak. Mohon bantuannyo… silek tu paga diri kato urang2 tuo… Tolong di jawab pak… Tariko kasih…

    • Indak talambek sasuai jo Hadis Tuntuiklah ilmu dari ayunan sampai kaliang Lahat.bilo saja awak baraja indak ado kato-kato talaik.Wassalam.Edwel Datuk Rajo Gampo Alam.

  8. Assalamuaalaikum…wr.. wb…

    Mohon informasinya jika ada yang mengetahui informasi perguruan silat di daerah serpong atau tangerang. saya sangat ingin belajar terutama silat dari daerah sumatera barat. kalau tidak ada perguruannya alamat dan info guru yang mau mengajarkan ilmunya juga tidak apa-apa..

    Terima kasih sebelumnya…

  9. Assalamualaikum wr. wb.

    Pak Datuak, ambo urang minang, kampuang ambo di Kotogadang, kini marantau di bogor, umua 21taun. Ambo kuek bana kainginan untuak baraja silek harimau, sajak sampai ka bogor alah bacari-cari tampek untuak baraja silek disiko tapi indak ado basuo doh. Lai masih mungkin sakiro nyo ambo jo umua yg alah sagiko mulai baraja silek? Mohon tanggapan dari inyiak datuak, tarimo kasi sabalumnyo ambo sampaian.

  10. Salam Silat

    assalamualaikum datuk.

    nama saya nugy nugraha, kebetulan saya pecinta Pencak Silat. Saya saat ini bergabung di SH TERATE. saya sangat tertarik dg Silat harimau. Boleh saya tau alamat latihannya di Jakarta. Ini no telp saya : 02194207810

    Wassalam

  11. Pak datuak
    Namo ambo Achyar umua 32 th
    Tingga di Jakarta Utara
    Ambo tatariak ingin baraja silek harimau ko
    Lai masih mamungkinkan ?

  12. salam kenal;
    saya pendekar dari perguruan silat bumi sakti
    saya seorang murid dari pak syaprudin (cap) padang
    kalo ada yang ingin berminat memasuki perguruan ini hubuggi no hp saya 085265392917
    kalau menurut saya setiap perguruan silat itu sama baiknya,
    ada baiknya kalian menyelesaikan dulu apa yang kalian pelajari dari persilatan masing masing,
    kegagalan dalam mendapatkan jurus itu biasanya karena seorang murid berhianat kepada sang guru.

  13. kalau menurut prediksi saya PENDEKAR
    itu tanpa pamrih adil arif bijaksana
    kalau pepatah minang berbunyi
    “bapadang lapang barimbo laweh”

  14. ilmu ITU wajib hukumnya dicari(dipelajari)
    dari lahir/AYUNAN sampai keliang LAHAT….
    apalagi ilmu yg bermanfaat bagi orang banyak,semakin banyak orang yg di ajarkan/dibimbing
    semakin banyak pula faedah manfaatnya,selama mereka yg mempelajari ilmu tsb mengamalkan dan mengembangkan selama itu pula amal mengalir terus menerus tiada henti walaupun orang yg mengajarkan ilmu itu udah wafat..
    apa yg ditanam itu pula yg akan dituai.
    subhanallah…..
    subhanallah…..
    subhanallah…..
    MAHA BESAR ALLAH swt

  15. Assallammu’alaikum Pak Edwel,
    Saya suka sekali dg silat dan pernah blajar silat kampung dan PD ketika muda . Skrg pun suka berlatih sendiri dan terdampar di Brisbane, Aussie. Ingin skali blajar silek harimau langsung dari pa’ datuk, bagaimana caranya?

    Salam hormat

    • Silahkan datang ke Facrudin 6 Tanah Abang Jakarta Pusat ,nanti bulan November tanggal 10 s/d 25 2010 saya berangkat memberi training Silat Harimau ke Austria dan Germany.

    • Silakan datang ke Indonesia ke Jl.Fachrudin 6 Jakarta.

  16. sayan ingin melihat silat harimau padang dengan harimau aceh

  17. silat harimau minang mantap
    sangat indah banget

  18. pak datuk dimana ya forum minang yang memang kusus silat harimau
    ada gak pak datuk
    kalau ada boleh saya minta?

  19. alamat perguruan anda dinana ?????

  20. hai dunsanak kasadonyo, apo2 kecek pak edwel itu bana sakali, sabab ambo juo mangalami hal yg dicaritokan pak edwel tu. banyak anak kito yang indak namuah balaja silek tradisional itu, ado nan mangecek silek itu kuno, padahal indak, inyo namuah baraja ka urang japang, samantaro budaya kito ditinggaan. waktu ambo baraja silek di pauh limo sama pak buyuang alang itu cuma kami balimo, banyak nan maleh datang sahinggo ambo juo kacewa indak sampai sudah anggotanyo cando ikuo mancik. jiko ado nan amuah malatih ambo kiniko ambo batarimo kasih walaupun umua lah mulai sanjo, wassalam.

    • iyalah silat harimau kayak mencak mencak aja , buang buang waktu,gak ada guna kayak main main ,karate atu pun taekwondo organ tubuh lebih terlatih,tendangan terlatih dan akurat , pukulan terlatih juga akurat, kena tendang kepala langsung terkapar lawan,kena tinju ke perut bisa 4 hari gak makan, lah silat hanya berlatih gerakan saja, klu gak percaya lihat you tube mirco crocop

      • Sombong kamu brow,tak kenal makanya tak sayang,janganmembanggakan krate,kempo yudo,tewkondo,maaf ya??saya,keturunan langsung dari datuk sikumbang dari ranah minang bukit tinggi,tepatnya di baso tabex panjang,jln sungai janiah.saya juga pewaris dari pencak silat harimau sumatera.saya pernah di uji am temen saya yang kebetulan dia simpai alias guru krate kalau g salah nama perguruanya kempo.dia mengajak saya adu tanding,tapi dengan pertunjukan seni bela diri.didepan muritnya dia mempermalukan drinya sendiri,dan sejak itu dia tertarik dengan pencak silat harimau,dan gerakanya,dia pecahkan batu tembok 7 keping,dan saya membuat dia dan muritnya terpental 7meter,dan tanpa dia bisa menyentuh badan saya,dan sayapun hanya diam g nyerang,dan ternyata g ada sehelai benangpun yang gugur dari baju saya ketika semua perguruan itu menyentuh saya.kalau g percaya datang anda ke palembang sekarang saya mendidik d situ d jalan plaju 16 ilir palembang semua kenal am saya sebutin aj nama saya bebi segentar alam atu bisa d panggil,sutan.makasih bukan sombong…jangan andah meremehkan gerakan silat yang lembut lah yang mematikan.cukup dari jauh aj saya bisa bikin anda merasahhilang kesombongan anda cukup sebutkan nama lengkap dan tanggal lahir anda,saya tunjukan ap itu tenaga dalam dan jurus m)matikan.sebelmya saya minta maaf wasalam’dari anak minang’

    • batu pandapek candra mah. wassalam

      • anda pendekar silat atau tukang sihir??, trus cerita nya boong bangat,mana ada beladiri karate nama nya kempo??? trus waktu bertarung kamu hanya diam,dan tidak kena serangan sedikit pun,apa itu silat??, jepang memiliki peradaban yang lebih tua dari nenek moyang padang, arti nya ilmu mereka lebih akurat dari silat yang banyak mencak mencak nya, latihan nya lebih serius dan penuh disiplin, apa mungkin silat lebih bagus???silat dan karate memang memiliki tehnik yang berbeda, karate serang dengan cepat tendang pukul tanpa bergaya, silat ,kuncian ,namun ada bela diri jepang yang nama nya aikido anda boleh lihat di youtube,sejenis dengan silat,namun jauh lebih berbahaya dan lebih mematikan, karena latihan fisik juga lebih di pentingkan

    • Asslmkum..ambo nio baraja silek pak hairul

  21. kk kk bisa kasi video silat harimau gak????pengen tw sehebat apa se??? aq Orang Yg Pnaasaran !!

  22. Silat itu adalah suatu olah raga bela diri, lahir & bathin, tidak ada yang hebat2-an…..diatas langit ada langit lagi…harap maklum…..maaf…

  23. mohon sesiapa yg tahu tentang kebatinan harimau berantai.. ceritakan kepada sy…thanks

  24. salam kasih dari saudaramu.

    saya berasal dari johor bahru, malaysia. pernah mempelajari silat ini ketika zaman persekolahan melalui tn guru saya, En Shukor yg pada ketika itu menetap di Ladang Ulu Tiram.

    Setelah sekian lama, persatuan kami telah tidak aktif lagi. Namun, atas dasar persaudaraan dan cinta saya pada penyatuan melalui seni silat harimau, saya tertarik untuk mencari kembali saudara-saudari yang pernah berada di dalam lingkungan silat harimau terutamanya di Ulu Tiram, Johor pada sekitar hujung 80an hingga awal 90an.

    Diharap ada antara saudara yg sudi membantu.

  25. aslm.sy ingin belajar silat harimau dengan sungguh2,mohon
    kasih tahu alamat belajarnya dijakarta dengan lengkap?terima kasih.

    • Jln Facrudin 6 depan Hotel Millenium Jakarta pusat.Hari latihan Selasa dan Jumat malam.

  26. nama sya hendri mariksa,asal dri aceh,,sya cuma mo tnyak sama pak datuak,,sya dri perguruan harimau putih…,,mnurut yg sya baca harimau putih yg dari minang menggunkn jurus2 dan sering d latih scra fisik dan smua yg di gerkan mnurut hati nurani si pesilat,,dan d persilatan harimau putih yg sya blajar skrang, kita hnya di doakn ssdah itu d pesijuk slama 3 x dan d ksih fatwah2 agama.,
    misal-a da org yg jahat sma qta, kita cuma baca subhanallah maka tubuh qta akn brgerak dg sndri-a jrus pun trbuka sndri-a dlm keadaan sadar dan walaupun knak pklan msuh kita g’ trasa apa2,yg jdi prtnyaan sya kpd pak datauak apa benar aliran hariamau putih di minang sama dg yg sya plajari d aceh..?karna guru sya sdh brpulang ke hadiratullah krna sakit darah manis,,jd sya tdk tau mo brtnya sma siapa lg, mana tau sya dg bpk datuek satu aliran dan sya bisa berguru lg sama bpk,,dan smua tman yg mmbaca tlong jg bsa mmbantu sya untk mncri guru untuk saya sma dg aliransya yg skrang TQ

    • Yang begitupun ada Sama Pak Datuk, tapi tidak kesurupan semuanya total kita berpasrah diri kepada Allah.Wassalam Edwel Datuak Rajo gampo Alam.

  27. nama sya hendri mariksa,asal dri aceh,,sya cuma mo tnyak sama pak datuak,,sya dri perguruan harimau putih…,,mnurut yg sya baca harimau putih yg dari minang menggunkn jurus2 dan sering d latih scra fisik dan smua yg di gerkan mnurut hati nurani si pesilat,,dan d persilatan harimau putih yg sya blajar skrang, kita hnya di doakn ssdah itu d pesijuk slama 3 x dan d ksih fatwah2 agama.,
    misal-a da org yg jahat sma qta, kita cuma baca subhanallah maka tubuh qta akn brgerak dg sndri-a jrus pun trbuka sndri-a dlm keadaan sadar dan walaupun knak pklan msuh kita g’ trasa apa2,yg jdi prtnyaan sya kpd pak datauak apa benar aliran hariamau putih di minang sama dg yg sya plajari d aceh..?karna guru sya sdh brpulang ke hadiratullah krna sakit darah manis,,jd sya tdk tau mo brtnya sma siapa lg, mana tau sya dg bpk datuek satu aliran dan sya bisa berguru lg sama bpk,,dan smua tman yg mmbaca tlong jg bsa mmbantu sya untk mncri guru untuk saya sma dg aliransya yg skrang TQ
    Balas

    • kl yang itu termasuk asma’ silat tanpa berlatih .
      emang tanpa latihan qt bisa melakukan gerakan silat secara sempurna

  28. aku de wingi eroh koncoku kentu karo pacare de keles ngango jurus…..anjing ampe cewe e ra kuat kentu ampe peju mbojol ra sida meteng

  29. tambo cie bah

  30. Ass,, Pak datuak,,, ambo pengen tau dima tampek latiha pak datuak di jakarta???,, ambo ingin baraja samo pak datuak,, ambo juo urang minang,, tapeknyo urang pasisia ,,,, ambo mintak alamatnyo pak datuak,,,,, tarimo kasih pak datuak,,,

    • Jln.Fa.crudin 6 Tanah abang Jakarta Pusat ,depan Hotel Millenium.Latihan Juat malam dan selasa malam

      • Assalamu’alaikum…
        Pak Datuk, saya niat & ingun sekali bisa belajar Silat Harimau karena saya terkesima dari film “MERANTAU”.
        Di SURABAYA ada ndak ya Pak cabangnya?
        Saya yakin pasti banyak Arek-arek Suroboyo yang suka & banyak juga yang ikut jika Perguruan PENCAK SILAT ini buka cabang di SURABAYA. Saya sarankan mari Pak Datuk buka cabang di SURABAYA, mohon informasinya & terima kasih!

      • Saya sungguh-sungguh ingin berlatih Silat Harimau dengan Pak Datuk. Mohon benar-benar dipertimbangkan lagi saran saya untuk mengadakan cabang di SURABAYA. Saya sangat Perguruan PENCAK SILAT ini buja cabang di SlSURABAYA. Kan SURABAYA juga tetnasuk kota terbesar se-INDONESIA juga toh selain Jakarta.
        Kenapa kok di Jakarta aja Pak Datuk, di SURABAYA kok ndak?

  31. Pak kalau d palangkaraya kalimantan tengah ada ga pak tempak latihan silat harimau nya?

  32. langsung terkesima sewaktu nonton film “MERANTAU”..gerakan silatnya sangat indah dan mematikan..hebat..hebat..Datuk di tanah abang alamatnya dimana ?

  33. Aslamualaikm.Warohmatullah wa barokatuh
    pak Edwel saya ingin belajar silat harimau di jakarta
    tempatnya di mana y???
    saya ingin sekali belajar silat harimau sumatera
    terimakasih.

  34. slm pandeka….
    ambo banamo achiyar effendi,,, banamo ketek ayat…..
    ambo putra minang….. kito tau bayak ariran silek
    sile harimau,,, silek tuo,,,silek kumanggo,,,
    ambo sendiri dari pesilat kumanggo jo silek harimau kuranji
    tapi sangat disayangkat putra putri minang sendiri banyak lebih memilih ilmu bela diri dari luar……
    gimana caranya kita merestarikan silat minang itu sendiri????? ini tugas kita sebagai pesilat minang

    • assalammualaikum pak,,,
      ambo rezky dari pasaman,,,
      dulu ambo pernah ikuik silek harimau di pasaman,,,,
      perguruan harimau pasaman,,,,
      jadi ambo kanai fitnah dek adiak seperguruan,,,,
      dari dlu ambo masih mancari dima tampek latihan silek harimau,,, yg sabana silek tuo tu ndk tau do pak,,,,
      klo bapak bisa manolong ajaan ambo silek harimau thu,,,,
      ko no hp ambo pak,,,, 081994113323

  35. wak nio baraja silek harimau pak….

  36. Pak, saya irfan orang surakarta.Saya mau belajar silat minang.Apa ada ,tmpat platihan silat minang disurakarta? Thx

  37. ass. wr wb
    pak saya yuda dari banten, dari dulu saya ingin sekali belajar silat, karena saya slalu di anggap yg paling lemah dari teman2 saya di manapun. dan bolehkah saya belajar silat dari bapak .

  38. Ndak basuo di ambo tapaik latihan silek t d bukittinggi lai doh, ado ndak yg tau..

  39. assalamualaikum wr,wb…………….pak datuk kalau perguruan silat ini ada diajarkan tenaga dalamnya gak terimakasih sebelumnya waasalamualaikum wr,wb

  40. ass,
    datok dimana kita bisa bertemu.aku mau jajal ilmu datok.kutunggu beritanya.atau di padepokan IPSI

    wassalam

  41. umur 8 tahun, bisa belajar silat harimau

  42. asalaamu’alaykum. Sungguh menakjubkan jurus-jurus silat harimau. Mudah-mudahan silat ini dikuasai oleh orang-orang yang amanah dan sabar. Sebab, dalam pandangan saya silat ini termasuk silat yang berbahaya dan mematikan. Kita do’akan smoga silat ini tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang menguasainya. aamiyn. pak DATUK EDWEL, saya sangat tertarik dengan silat harimau yang Tuan peragakan. Mohon doakan agar saya bisa mempelajarinya juga. Jazaakumullaah khoyron katsiyron.

  43. Permisi,, Bukan saya mw memprotes,, Tapi Ini khan Blognya Merpati Putih Bukan Silat harimau?? :-o
    jadi apa hubunganya?

  44. terima kasih, kpd MP udah nyediain forum silat minang…:D pak Edwel, ambo urang lintau. buliah numpang batanyo ciek? ambo pernah mandanga dr ustad awak , tuanku rao nan dari minang itu pasilek . manuruik pak edwel bana ndak tu? kok iyo apo aliran sileknyo..? wassalam.tarimo kasih banyak

    • Bana inyo adalah pasilek.

      • mak datuak.hambo kabatanyo,selain d jakarta dima ado perguruan silek harimau?
        Hambo asli urang bukiktingi sungai janiah BASO tp ranggaek merantau ka dumai riau.hambo pingin bana baraja silek harimau.daulu antan hambo salah satu yg punyo bela diri silek harimau.tp kn nyo alah maningga.

  45. assalamualaikum….
    saya sangat tertrik dngan ini, apakah di daerah bogor ada tmpat untuk mempelajari silat ini….
    tolong beri tahu tmpat dan alamatnya agar saya bsa blajar silat harimau ini…..
    trmksih

  46. ass pak Datuak…
    dari maso bujang ambo sangat tertarik jo silek minang ko pak, kalau di padang dima bisa ambo bisa baraja silek minang ko pak.
    Buliah ambo jo anak bisa pulo baraja.

    Wassalam

  47. saya sangat tertrik dngan silat dari kcil..dan saya blm prnah blajar..saya ingin skli blajar kalau blh tahu
    tolong beri tahu tmpat dan alamatnya agar saya bsa blajar silat harimau dan silat lainnya trmaksih bnyak

  48. ass war wab…saya tertarik dan kagum atas pertunjukan datuk dkk di acara BSA di tmii 10 juli kemarin semoga tetap jaya datuk …………….Bangga1000xxx n Salut

  49. ass war wab…saya tertarik dan kagum atas pertunjukan datuk dkk di acara BSA di tmii 10 juli kemarin semoga tetap jaya datuk …………….Bangga1000xxx n Salut

  50. tempat latihan silat harimau di kota padang dimana ya

    • Ass.. Saudara anonymous.. Saya juga mencari tempat perguruan silat harimau di padang.. Apa anda sudah mengetahui nya? Mohon bantuan nya

  51. assalammualaikum,,,
    ambo urang pasaman pak guru,,,,
    di pasaman ambo alah pernah ikuik silek harimau,,,
    tapi indak mendalam gara gara ambo di fitnh adiak seperguruan,,,
    ambo nio masuak silek harimau liak pak guru,,, tpi d padang ko ndk tau ambo dima yg sabana silek tuo do pak guru,,,,

    mohon petunjuk pak guru,,,,,

  52. assalamualaikum
    Setelah saia menyaksikan film Biosko yg berjudul “MERANTAU” saia jd pengen sekali untuk belajar silat harimau.
    saia mau tanya,,ad g tempat latihan silat harimau di daerah jakarta tepatnya di DEPOK,,tolong infonya y

    thanx

  53. assalamualaikum
    Setelah saia menyaksikan film Biosko yg berjudul “MERANTAU” saia jd pengen sekali untuk belajar silat harimau.
    saia mau tanya,,ad g tempat latihan silat harimau di daerah jakarta tepatnya di DEPOK,,tolong infonya y

    thanx

  54. asslamualaikum…..
    nmpang btnyo dtuk>>>
    d jambi ado t4 lthan silek harimau po indak>>>>
    coz pak ambo indak bsa ngja’n ambo do>>>
    apk ambo sibuk dek karajo>>>>
    mhon bntuan nyo datuk>>>>

  55. Pak…
    Ambo rico dari padang nan marantau ka palembang ambon baniek bana utk baraja silek tu kalau lai bisa ajaan ambo ko nomor hp ambo:087897918861

  56. Kambangkanlah Silek dari dalam Diri. Rutin jo Lahia,Rajin jo Batin

  57. ass……saya sangat kagum dengan silat/silek harimau…..
    andainya silek harimau bisa membuka cabang latihan di TARAKAN-kalimantan timur,,,,,,saya ingin berlatih sungguh-sungguh dan akan memajukan silek harimau,,,,,,,,,,,tolong di pertimbakan ……………….

  58. atauak bantuin den awak gilang umur 13 pengen belajar silek harimau tolong atuak

  59. Saya sudah lama ingin belajar silat harimau
    menurut salah satu guru pencak silat dekat rumah saya berbakat dlm ilmu beladiri pencak silat betawi tapi saya lebih trtarik pada silat harimau

  60. pak datuak, nama saya sofyan zuhri , saya orang minang, tinggal d medan .dari kecil urang2 tuo pernah bercerita tentang silat harimau kepada saya ,sudh lama saya ingin belajar silat harimau,saya sangat tertarik pada silat harimau, ungku2 saya seorang pendekar ,tp udah d panggil oleh yg maha kuasa jd ngak sempat belajar silat

  61. jurus harimau memang indah,dan mematikan cuman saya ragu silat dapat melindungi diri,waktu tangkapan kepala,yang di tangkap bukan kepala orang mati ataupun boneka,kepala orang hdup,kira kira silat bisa gak ya melindungi diri daki kick boxing,atau pum taekwondo,yang pukulan nya cepat dan tendangan nya cepat dan tepat sasaran,lihat youtube mirco crocop,idola saya,

  62. Assalamulaikum,, pak datuk, dima kami bisa baraja silek harimau tu.. pak.. lai masih ado juo kini..

  63. assalaamu’alaikum wr wb.
    Salam hormat
    kapdo inyiak , ndak pantas ambo panggia gala. barih maaf ambo sabalunyo .
    Namo awak resqi jayadi putra asa dari bukittinggi. Umua 28 bru bajalan. Hehehe senyum saketek awak inyiak. Insyaallah bisa..
    karano awak urang baru d rantau , d rantau apo lah aktivitas urang minang. nan karajo lah sajaleh sin tuch tp itu inyiak,, tampek batanyo dan baraja koh sangaik paralu. Bia nak bisa pulo awak. awak sangaik pingin baraja silek harimau budaya kito, syang kalo ndak bisa. Insyaallah sanggup awak mnjalani adaik minang. kalo kini apo talambek awak baraja budaya silek minang samo inyiak. Jikok bisa ambo datang ka tampek inyiak ka tanah abang. Maaf sabalunyo inyiak , karano awak jarang online. Trimoksh
    wassalaam.

  64. Sunnguh menarik Silat harimau ini. Saya kenali silat ini hanya setelah menonton Merantau dan Raid Redemption, aksi Iwo Ukais. Ada kah silat ini terdapat di negeri saya, Singapura?

  65. sabananyo kito anak nagari minang alah banyak salah jo kilaf, makonyo ado hijab antaro anak murid jo guru silek, guru silek mangatokan anak nagari nan indak basungguah sungguah baraja silek, makonyo guru silek suko maaja urang lua untuk di aja, anak nagari mangatokan guru silek piliah piliah murid untuk diaja, kalaupun ado guru basungguah sungguah untk ma aja banyak halangannyo… alah kasamo se sadonyo… ambo se lah contohnyo, sado aturan main alah ambo ikuikan , pantang bana ambo ingin maminta ilmu jo beliau, inyo pantang di harokan pulo , seolah olah inyo nan paliang santiang…. ingek , nan paliang santiang tu ALLAH SWT, jadi bukan mukasuik ambo utk manyakik an hati dusanak kasadonyo, tp itulah nan ambo rasokan… wasalam dari rajo bungsu

  66. assalammualaikum datuk, saya sudah lama tertarik ingin belajar silat harimau, saya tinggal di bali perantauan dr pulau lombok. adakah cabang di bali datuk, kalau belum sudikah datuk mengirim murid datuk untuk membuka cabang di bali

  67. Bapak Datuak saya orang minang dan ingin belajar Silek Harimau tapi saya tidak tau tempat silek di Padang, di mana kira-kira tempat tempat silek yang ada di Padang Pak Datuak dari dulu saya ingin belajar.

  68. Bapak Datuak saya orang minang dan ingin belajar Silek Harimau tapi saya tidak tau tempat silek di Padang, di mana kira-kira tempat tempat silek yang ada di Padang Pak Datuak dari dulu saya ingin belajar.Mohon kirim alamat tempat silat di Padang Pak Datuak.

  69. saya pengen daftar pak tapi kalo di daerah kalsel ad gak

  70. pak saya ingin belajar silat harimau tapi saya di daerah kal-bar kota pontiank,,
    kira-kira diman ya pak ada perguruan silat harimau yang di kal-bar

  71. asl mualaikum wbr .sabananyo awak ingin baraja silek harimau ,tapi alun juo tacapai lai,dek awak jauh di durì

  72. Saya pngen blajar silat,tp bngung hrs blajr dmana.Soalnya di kampung hnya anak skolah yg diajari silat.Sdangkn sy berniat skali ingin bljr silat.

  73. perkenalkan nama saya andi.adnan maulana tinggal di herlang……..saya juga mempunyai silat merpatih putih,ragon kungfu,rahasia,gajah putih,tapak suci,silat,sholing kungfu……….dan harimau putih…………..

  74. Asalamu’laikum….
    Slam knal yo pak…,saya emang orang minang…,tp saya bru menyadari…,tmpat klahiran saya sgat mengagum kan…,terdapat nya slat harimau…
    Dari kcil saya ska bela diri…,hobby saya ??. Tak pernah menghilang dari diri saya…
    Saya kepingin klii…,bljar silat harimau..begitu pla adik laki2 saya….
    Andai di izin kan orang tua saya…,saya ingin berguru kepada bapak….,tp saya harus cari bapak d mna ?….

  75. mak datuak buliah ambo maagiah saran ciek,klau bisa mak datuak bukak cabang dibukit tinggi ciek,mslhnyo kn ko bnyk bana penggemar silek harimau dibukit tinggi,tp mereka dak tau jo sia ka baraja.ambo mewakili dunsanak2 yg ado dibukittingi maraso malu dak bisa mempelajari silek harimau,sedangkan urang lua mak dt agih kesempatan tuk baraja.kami pun ingin melestarikan budaya minang kabau.tlng mak datuak pertimbangkan saran kami.ambo cuma manyampaikan isi hati dunsanak2 yg ado dibkt tnggi.tlng dikomentari mak datuak.tarimo kasih.
    dr nak urang bukik tnggi.

  76. Di Surabaya ada nggak ya…?

  77. Ass..
    Pak datok,,, di ACEH ada cabang nya gak..?
    Kalau ada cabang nya insayaallah di aceh banyak orang sukak,
    kami mohon sama pak datok tolong bukak cabang di ACEH..
    Trmaksih pak datok..

  78. asalamualaikum ?
    pak edwel, apakah ada
    tempat silek harimau di daerah tanggerang tepatnya di daerah pinang atau kunciran.oiya,apakah umur 13 thn boleh ikut silek?

    terimakasih

  79. Asalammualaikum.. Kalo misalnya mau ikut cara pndaftarannya gimana ya..? Aku erwin dari brebes kbetulan aku krja di tanah abang dket stasiun karet,saya trtarik pengin bngt ikut pncak silat trutama silek harimau..

  80. Mak awak nio batanyo ciek, kampuang asli awak di balingka, kampuang keteknyo di upang,apak awak cucu kontan dari inyiak buya kariyasin,apo iyo informasi yg awak dapek dari carito kawan samo gadang,apo iyo di kampuang awako bayak pandeka tangguh seperti nek cuek,nek angguik, nek sidi gadang,mak man togok,apo ado kini di balingka mamak atau urang nan mawariskan kapandaian baliau2ko.?dan apo iyo kapandaian bisa tibo melalui mimpi,,?dian taro enek nan awak sabuik diateh,apo ado salah ciek yang mewariskan kapandaian baliau,awak nio kabaraja,kalau untk ka tampek mamak alun sempat awaklai,ma,af yo mak.?tolong di jawek satau nan mamak tau,sabalunyo tarimokasi banyak mak.

  81. Dima silek nyo pak….

  82. Ass datuk saya randy orang minang suku sikumbang tinggal di medan.
    Saya sudah pernah ikut silat tapak suci sewaktu di pesantren dan saya ingin berlatih silek harimau tapi say tidak tahu lokasi silek harimau di medan.
    Jadi tolong kasih tahu di mana saya dapat belaja di medan silek harimau.
    Trimakasih wasalam

  83. Saya Muzara, asal Banjarmasin dan sekarang tinggal di Samarinda Saya sangat tertarik ingin belajar ilmu ini. Bukannya saya sombong, tapi saya punya juga ilmu bela diri, spt. Kuntau, SH Terate, dan yg sekarang Shorinji Kempo. Tapi anehnya saya tetap ingin belajar silat dari sumatera ini. Dan saya mohon tolong agar silat sumatera ini lebih luas lagi. Apalagi didaerah pelosok. Salam hormat saya, Rasyid

  84. Salam sejahtera ,
    , Saya berniat mempelajari silat harimau ,
    ,,dari awal sampek akhir
    , Nahh!! Low di payakumbuh sendiri ad gak

  85. anon@yg kmu di lihat di youtube ituuu mencakkk bkn silattt. . .biasanyaa klo orang awam lihat pasti di bilangnyaaa kyk nari2.

  86. Silek harimau ini untuk cabang jambi ad gx y
    Mohon informasinya

  87. Awak pengen bana mah nyiak,baraja silek harimau tu. Dari dulu awak kapengen, panah awak baraja silek harimau tu, tapi ndak sampai tamekdo. Awak pengen baraja sahabih habih kapadain guru tu maajaan kasado kapadaianyo ka awak. Itu nan awak cari guru salamoko.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: