Beladiri Masih Andalan

JAKARTA — Beladiri masih menjadi cabang andalan meraih prestasi di SEA Games 2007 Thailand mendatang. Dari 74 atlet yang direncanakan akan diikutkan dalam 46 nomor beladiri karate, taekwondo, wushu, tinju, silat, anggar, gulat dan judo, Indonesia menargetkan 22 emas dan 39 perak.

”Kita harapkan perolehan medali bertambah karena yang target yang ditetapkan adalah minimal,” ujar Achmad Sutjipto, ketua Satgas Pelatnas, Rabu (30/5). Sejak SEA Games Filipina, setelah terpuruk di semua cabang, beladiri dengan sekian banyak nomor yang dipertandingkan justru paling banyak memperoleh medali.

Dalam SEA Games mendatang karate dan silat yang paling berani memasang target, yaitu empat emas dari 12 nomor yang dipertandingkan. Namun target itu juga minimal. Target maksimalnya adalah menjadi juara umum. ”Kita harapkan mereka bisa membuktikan ucapannya,” ujar Sutjipto.

Mengenai cabang-cabang lain, lanjutnya, bulutangkis dan bowling juga paling memasang target. Bulutangkis menargetkan empat emas dari tujuh nomor yang dipertandingkan. Begitu pula bowling, dengan empat emas dari lima nomor yang diikuti. ”Untuk cabang-cabang lain, kami masih berupaya memotivasinya agar berani memasang target tinggi,” lanjut Sutjipto. ”Oleh karena itu pada pelatnas tahap kedua nanti, kami akan menggenjot setiap cabang.”

Secara terpisah, Bambang Rus Effendi — ketua harian Perguruan Silat Merpati Putih — yakin cabang silat akan dapat menjadi juara umum dan memperoleh medali terbanyak. Seluruh perguruan silat di Indonesia sudah bertekad membawa pulang sebanyak mungkin medali. ”Kita akan menyiapkan jurus-jurus baru untuk mengalahkan Vietnam yang sekarang menjadi saingan utama,” katanya Rus Effendi yang ditemui Republika saat perayaan ulang tahun Merpati Putih ke-44.

Cabang beladiri belum termasuk cabang ‘gemuk’ medali. Justru yang paling banyak menyediakan medali adalah olahraga terukur, seperti atletik dan renang. Dari 153 atlet yang akan turun di 63 cabang olahraga terukur, Indonesia hanya menargetkan perolehan 30 medali emas. n lhk

( )

29 Tanggapan

  1. saya sangat menyukai penak silat merpati putih. tapi dengar2 kabar ada gosip tak sedab bahwa silat MP adalah memakai ilmu aliran sesat.

    • Hamba alloh..kmu jgn pke hamba alloh segala klu kmu menghina merpati putih. Ak gk terima klu perguru an ku di hina. Ap kmu gk waras ya..!! Klu kmu berani sebutkan nm mu yg asli jgn hamba alloh gt. Mksh

  2. saya kira MP tdk memakai aliran sesat. perguruan ini hanya memakai olah nafas

  3. hehehehe…….
    mungkin yg dimaksud aliran sesat oleh mas hamba Allah ini, kalau lagi latihan tutup mata terus “tersesat” kemana – mana kali mas
    hehehehehe……..

  4. Mas hamba Allah,
    Anggota MP sebelum mulai berlatih selalu berdoa, mohon perlindungan, bantuan dari Sang Khalik sebelum, selama dan sesudah latihan. Apa ya ilmu sesat bila anggotanya selalu berdoa kepadaNYA sebelum latihan? Point 1 Janji Anggota: Taat dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa.
    Bergabunglah dan rasakan manfaatnya, nanti Mas hamba Allah akan merasakan buktinya

  5. Kita semua dikaruniani otak untuk berpikir dan menganalisa…..,sampai saat ini kurang lebih 5 tahunan ikut mp belum pernah menjumpai atau tahu mengenai metode latihan,doktrin perguruan atau organisasi yang menyimpang dari tuntunan Allah SWT.
    Atau mungkin acara acara tradisi yang selalu dianggap golongan golongan tertentu itu bertentangan dengan doktrin organisasi mereka???Kalo menurut saya sih itu pelestarian budaya bung!!!jangan kita diharuskan mengikuti budaya asing dong…
    ato unjuk kebolehan dari anggota2 MP dianggap sesat?Manusia dikaruniai Otak pikiran dan perasaan agar dapat membuat hidup kita lebih baik, lha hasil cipta rasa dan karsa itu dapat dilihat salah salah satunya dari hasil latihan anggota MP

  6. hhhhhh….capek gw denger kayak gitu bilang aje pengen diajarin ilmu mp.karena yg bilang sesat gak bisa nyerep ilmu mp yg indah terbaik alias idiot jadi frustasi tuh. why don’t just take suicide.

  7. sy pernah diskusi hal-hal spt ini jauh sebelum skrg, yakni skitar thn 1994/1995an (masih balik-2 mau ke K-1)…. salah satu referensi yang bisa di baca adalah buku-buku tulisan dr. H. Taufik Pasiak, M.Sc. seperti : Membangunkan Raksasa Tidur: Optimalkan Kemampuan Otak Anda dengan Metode Alissa, Revolusi IQ/EQ/SQ : Antara Neurosains dan Al-Qur’an atau Brain Management for Self Improvement …

    lumayan utk menambah-nambah ilmu dan “elmu”…

    wassalam,

  8. Merpati putih tidak akan mempunyai cabang2 di luar negri bahkan anggota dari bangsa lain ( barat )kalau memakai ilmu sesat / mistik / dsbnya.
    khan telah ada uji ilmiahnya,dan bahkan badan dunia ( WHO / organisasi kesehatan dunia ) telah membuktikannya,
    mas hamba Allah silahkan bergabung saja dengan kelompok latihan MP terdekat untuk membuktikan sendiri.terima kasih

    • Itu bnr mas max. Ak gk terima klu perguruanku di hina ky hamba alloh. Jgn pke hamba alloh sgl. Pke nm yg asli biar tau spa kmu gt kan mas max…mksh

  9. jadi pengen kasih komentar nih…
    tapi jelas dulu ya masalah sesatnya…
    saya kasih komen panjang deh ok…

  10. Salam perguruan !
    kami (saya , Mas Suci , Mas Tonton , Mas Lutfi, dan Mas Asep Solihin dari Satria Muda Indonesia) baru kembali dari Tashkent, Uzbekistan mengikuti World Championship of Unifight dan The III Tashkent International Festival of Oriental Single Combat and Matrial Arts 2007 yang diikuti oleh beberapa negara di Asia (Jepang, Korea, China, Kazakstan, Uzbekistan, dan Indonesia) .
    dalam peragaan serta penampilan tim Indonesia tersebut kita mendapatkan piala The Excellent Performance mengalahkan tim dari negara-negara tersebut . atraksi yang ditampilkan adalah jurus-jurus tunggal putra di kombinasikan dengan jurus-jurus perguruan SMI, kemudian ditampilkan pemecahan benda keras, ketahanan tubuh, dan getaran mendeteksi warna dan benda. sementara peserta dari negara lain menampilkan atraksi sesuai aliran perguruan / bela diri masing-masing.
    demikian berita dari Tazhkent, Uzbekistan.

  11. Thanks infonya mas, jd pengen belajar getaran juga nih😀
    tp sayang disini belum ada yg bisa. gimana mas ada saran ga

  12. memangnya mas pulsa murah berada di mana ? ko blom ada yang bisa ?

  13. saya ada di Banjarmasin, klo mas bre sendiri dimana?

    • Mas,pulsa murah klu latihan MP yg sungguh2 and sabar pst smua ilmu dr MP bs kmu pelajari juga kmu taat pd seneormu to pelatih mu. Mksh. Jgn ky hamba alloh dia gk waras

  14. di Banjarmasin harap hubungi Mas Dhani senior MP di Banjarmasin , Kal-Sel . Kolat MP’nya di PLN Banjarmasin . kalau saya ada di Jakarta , Pengurus Pusat Merpati Putih .

  15. Wah senior nih, salam hormat mas BRE. Salam juga buat mas Edi ya

  16. mas bre… saya mau nanya nih, tempat latihan MP Pusat dimana neh?? TMII??

    Saya ingin menyampaikan pengalaman saya waktu masih ikut MP di Kolat Dodikif Secata Gombong ( waktu itu saya dari kelas 3 SMP – 3 SMU dan sampai tingkatan Kombinasi 1,Ketua Cabang Kebumen waktu itu Mas Mulyanto dari Sampang Cilacap. Tetapi sampai saat ini saya blm bs menerapkan hasil latihan getaran, atau latihan getaran saya yang salah ( ada rumor bisa gila kalo tidak disertai pembina). Setelah keanggotaan saya yang sudah begitu lama tidak aktif dan seragam saya masih ada tapi sabuknya entah kusimpan dmana,apakah saya jika ingin masuk lagi harus kembali lagi dari nol?? atau boleh meneruskan sesuai tingkatan yang sudah dicapai???

    hehehehe…saya kadang2 latihan sendiri utk getaran tapi sering pusing, karena pusing itulah saya berhenti latihan getaran sendirian….padahal saya pengen banget bisa berhasil dlm ilmu getaran (obsesi : mata tertutup bisa tau yg deket maupun yang jauh trus apa itu pukulan pasir besi,dll) dan saya sudah pernah dimandiin sambil berpakaian kain kafan doang ( ini setelah naik ke tingkat Kombinasi 1) tapi yang pake daun sirih belum, yang anti tembak belum kekekekek (jangan2 mang blm waktunya).

  17. MP Semuanya ilmiah mas tidak ada mistik dan klenik
    silahkan mas baca2 lagi artikel disini

  18. Maaf sya mau tny
    Di mnakah alamat Merpati Putih di Kebumen & tolong kasih tau orang yang dpt d hubungi.
    Karena aku trtarik kpd MP & ingin mndftar.

    mohon kasih tau saya lewat no. hp 083867608708dpt d hubungi.
    Karena aku trtarik kpd MP & ingin mndftar.

    mohon kasih tau saya lewat no. hp 083867608708

  19. MP adlh perguruan asli dr tanah jawa and warisan leluhur jg dr kerajaan. Yg blg sesat itu orgnya mngkn gila. Ak pngn tau org nya mksh. Jgn kau hina Perguruanku ak gk terima jg anggota yg lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: