Sirkuit Pencak Silat Ditunda Lagi


Widharta: Kita Bisa Lebih Mempersiapkan Lagi

BANJARMASIN ,- Sirkuit Pencak Silat Putaran III di Yogyakarta, yang rencana dilaksanakan tanggal 2-5 Februari ini, lagi-lagi mengalami penundaan, menjadi tanggal 11-13 Februari mendatang.

“Menurut informasi yang kami dapatkan, jadwal sebelumnya itu (2-5 Februari, red) bersamaan dengan jadwal kejuaraan silat yang ada di Jakarta, serta jadwal tersebut juga berbenturan dengan jadwal sirkuit untuk wilayah lain,” ujar Widharta Rahman, Sekum Pengda IPSI Kalsel.

Diundurnya jadwal, membuat pesilat-pesilat Kalsel yang bakal berlaga dalam turnamen tersebut, dapat memanfaatkan dengan menambah waktu latihannya.

“Penundaan ini tidak merugikan kita, karena kita semakin banyak mempunyai waktu dalam melakukan persiapan termasuk pemantapan latihan pesilat-pesilat kita sendiri, baik fisik dan mentalnya” terang Widharta.

“Untuk sementara ini, untuk putera kita ikutkan ada empat orang, sedangkan puteri ada tiga orang. Tapi kemungkinan nanti ada kemungkinan bertambah,” kata Widharta.

Kalsel tergabung dalam wilayah III, atletnya bakal bertanding dengan atlet dari daerah Djogyakarta, Jateng, Jabar, Kalteng, dan Kalbar.

Lantas atlet dari daerah mana yang bakal lawan berat pesilat Kalsel di sirkuit nanti? “Semua memang berat, karena sudah pasti semuanya mengikutkan pesilat-pesilat hebat dan siap tanding. Tapi yang dipastikan paling berat adalah pesilat-pesilat dari Jatim dan Jateng. Karena di dua daerah tersebut mempunyai atlet bagus-bagus dari PPLP (Pemusatan, Pendidikan, dan Latihan Pelajar) Pencak Silat,” jawab Widharta.

“PPLP di kedua daerah itu, membina sekitar puluhan atlet muda, sehingga dalam setiap kejuaraan mereka lebih siap dan dipastikan akan banyak mengikutkan atlet-atletnya, ketimbang kita (Kalsel, red). Kalau Kalsel atlet yang di PPLP-kan hanya lima orang,” banding Widharta. “Padahal dalam POPWIl di Bali lalu sebanyak 23 orang atlet kita yang bertanding, 13 orang di antaranya lolos untuk kembali bertanding di POPNAS tahun ini di Sumut.

Dengan melihat prestasi tersebut, ke depannya kita meminta kepada Diknas Kalsel untuk bisa mengikutkan atlet lebih banyak dalam program PPLP pencak silat di daerah ini. Semakin banyak atlet yang dibina dengan baik dalam PPLP, semakin banyak peluang atlet memberikan kontribusi prestasi kepada daerah ini.

Kembali membahas mengenai sirkuit III ini, apa target prestasi yang hendak diraih atas keikutsertaan Kalsel nanti? “Setidaknya kita menyamai prestasi pesilat kita pada putaran I, dengan meraih 1 perak dan 3 perunggu,” jawab Widharta.

Seperti diketahui prestasi pesilat Kalsel pada sirkuit I lebih baik ketimbang Sirkuit II, yang hanya meraih 2 perunggu. (mr-58)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: