Teknik Beladiri andalanku adalah

Lewat forum diskusi ini marilah kita diskusikan, mengenai teknik beladiri andalan masing-masing. Baik itu saat bertanding maupun bila tarung bebas di jalanan (karena di palak preman misalnya hehe). Yang mau ikut berdiskusi Tidak harus dari perguruan atau beladiri tertentu. Boleh diikuti siapa saja baik itu dari silat, karate, taekwondo, jiujitsu, mma, aikido, kungfu, kempo dll yang tidak mungkin disebutkan satu per satu. Silahkan berdiskusi tetapi jangan sampai menyinggung masalah SARA, ataupun merasa perguruannya yg paling hebat atau ampuh. Kita sesama pecinta olahraga beladiri harus saling hormat menghormati satu sama lain. karena diatas langit masih ada langit.

Selamat berdiskusi………………..

About these ads

96 Tanggapan

  1. aku yg mulai yah………

    nama : rinto purnomo
    beladiri : silat

    teknik pertandingan : pukulan/ tendangan sambil mundur memancing lawan bila lawan balas melakukan tendangan akan disambut dengan jatuhan dengan cara menarik kaki lawan kemudian diputar 360 derajat tp mungkin 180 derajat aja sdh jatuh hehe (mode narsis :ON)

    teknik bebas : tangkapan tangan lawan langsung sodokan atas kearah muka lawan semacam uppercut tetapi memakai siku

  2. nama : ahmad
    beladiri : silat(kuntau di amuntai)

    teknik tanding : hanya satu sisi badan yang menghadap lawan(menyamping) amati gerakan siku dan lutut lawan, kalau ada pukulan lawan bergerak kesisi luar lawan lalu pukul rusuk.

    teknik bebas : ujar guru kuntau ulun di amuntai, terjemahan indonesia :D “kalau lawan memukul tangkap tangannya lalu patahin sikunya, kalau lawan menendang tankap kakinya(yg menendang) lalu tendang/sapu lutut kaki lawan(yang berdiri)”.

  3. Wah seru nih ada pendekar kuntau, lanjut bang :D

  4. hmmm…. apaan yach? Kalo aku sih kalo’ ketemu musuh, pancing aja sampai dia mendekat, terus pake tendangan ‘Dwi Hurigi’ (mungkin teman-teman dari taekwondo tau) aja. ini tendangan yang memutar badan kita ke belakang dan kaki ke depan. tapi sasarannya kearah kepala. kenapa aku pake yang ini? soalnya kata pelatihQ, tendangan ini tidak perlu dilakukan keras-keras. kita dapat menggunakan tenaga lawan yang mendekati kita. dia maju, kita ‘sambut’ kepalanya dengan kaki kita. Insya Allah, walau pelan pun kita bisa bikin dia sakit ‘sedikit’. apalagi kalau keras.

    Salam kenal buat semuanya, yach … ;-)
    Nama : Melizza
    Beladiri : Silat, Taekwondo

  5. hmmm, ketinggalan. kalo’ diserang musuh, Q pake tendanga samping aja dehh… tapi kalau kebetulan lagi pake’ rok, aku pake tonjokan atau pake sabetan sikut aja… he…he…he… ;) :D

  6. salam kenal test²

  7. klo aq maen tangan bisa kaki pa lagi
    soalnya dicingkrik tehnick nya banyak banget bantingan pukulan ,guntingan juga da komplit

  8. Nama : Nico
    Beladiri : Taekwondo, Silat, Kyokoshin & yg terakhir ikut
    Tarung Derajat
    Teknik Bebas : Satu Pukulan telak di Ulu Hati / Leher
    dilanjutkan dengan menghajar kepala musuh
    pake lutut di jamin pasti menang…
    bisa buat 3-5 org preman bersenjata atau
    tidak ( dah nyobain koq)

  9. ada tehnik gampang banget, syaratnya kalau masih baru bersitegang / adu mulut, ludahi dulu muka lawan baru kemudian kita hajar, he….he….he…..

  10. Klo tarung bebas emang makanan sehari2 org2 muay thai kali yah, jadi mereka sdh terbiasa. lain dengan beladiri yg masih dibatasi oleh peraturan dan body protector
    tp beladiri lain juga bisa kok pakai jurus2 seperti muay thai krn emang lbh mudah dipelajari.
    yakni serangan dengan SIKUT dan LUTUT wah dijamin berdarah2 deh.

    btw dari beladiri kuncian blm ada yg komen nih kaya jiujitsu,kempo dll

    Wah tarung derajat sudah masuk PON nih selamat ya buat AA boxer, salut pengembang ilmu beladiri dari Indonesia

  11. Saya pencipta beladiri jalanan..
    namanya beladiri ”BRUTAL”

  12. Beladiri ”BRUTAL”Tekniknya adl :
    kita harus memfocuskan tenaga,..yg diibaratkan spt bom waktu yang siap meledak-ledak untuk menghancurkan targetnya.hal tsb d mksdkn
    agar gerakan kita sangat keras,cepat,tepat pada titik lemah tubuh,mematikan dan brutal(meskipun brutal kita harus tetap tenang,focus pada sasaran dan,tentunya bertujuan melumpuhkan/mematikan lawan tanpa ampun..)

    (Ingat! dalam beladiri ”BRUTAL”kita harus sabar,DAN melawan dan melumpuhkan sekaligus mematikan lawan adalah pilihan terakhir.)

  13. Beladiri untuk orang lemah, kalau di perkosa, lindungi dada dengan siku ditekuk kepalan tangan dekat dengan pipi kemudian angkat siku kedepan arahkan ke uluh hati lawan ( kalau ditindih).

  14. hi semua…..mo ikutan gabung neh…
    beladiri: silat MP,ninjutsu,taekwondo.
    teknik:tendangan belakang,sabit telak ke muka.
    pengalaman Q tarung ma preman seh yang paling ampuh adalah tendangan belakang.jadi pas baru mw maju.kaki kananQ dah didepan..(siap2 ceritanya…)jadi pas lawan dah mw nyerang ke kita,kita langsung putar badan N….kita Kasih “hadiah”tendangan belakang.

    ato

    kalo lawan mw nyerang kita,kita langsung Zig-Zag ke kanan/kiri…terus langsung kita kasih tendangan sabit pada rusuk ato pinggang belakang lawan secepat dan sekeras2nya….dijamin deh tuch preman kapok..

    oh ya kalo ada yang mw kenalan ato sharing ma Q kirim ja ke email Q.nech emailnya : leo_zakindo@yahoo.com
    kirimin yach temen2 semua…..

  15. tolong rekan-rekan, bagaimana solusi / cara kalo lawan bawa senjata pistol dan ditempelkan ke jidat, teknik apa yang digunakan ?

  16. bwt Mohammad ilyas..
    kalo teknik bwt lawan yang bawa pistol menurut gw seh..
    lo pas ditodong,lo pura2 angkat tangan…terus kalo lawan lg lengah,tangan kiri lo tangkis ke atas,terus tangan kanan masuk lewat bahu belakang lawan dan kemudian pegang pergelangan tangan lawan.(tangkap kunci I kalo di MP).sambil agak dorong kaki kanan tendang lipatan lutut belakang lawan sampe jatuh….

    gmana ?? ngerti ga ???

  17. iya klo di todong baik pk pistol atau senjata tajam emang lbh baik meyerah aja dlu (pura2) klo lwn lengah serang dengan bertubi-tubi jgn ksih ampun :cool:

    tips klo di keroyok :
    lari aja dulu cari lorong atau gang sempit terus hajar mereka disana (krn gang sempit jd ga bisa mereka nyerang dari belakang. klo ga ketemu gang sempit lari aja terus ga papa klo ketemu keramaian mereka juga ga berani ngeroyok kok
    masa orang yg rajin latihan ga kuat larinya hehe

  18. semua beladiri itu bertujuan mulia yaitu melindungi diri sendiri dan membela yang lemah…
    tapi ga sedikit yg bisa beladiri malah mengintimidasi yg lemah bahkan ada yg berakhir di penjara, rumah sakit dan kuburan ….nah kalo sudah gitu gimana dong..?
    tips kalo dikeroyok.
    1. cari sesuatu yg bisa di gunakan sebagai senjata
    2. lumpuhkan terlebih dahulu musuh yg bersenjata
    3. hati hati sama pembokong
    4. tanya diri sendiri bisa ga ngehadapinya, kalo ga bisa mending lari daripada nyawa taruhannya..
    5. pikirkan gimana caranya bisa ngejatuhin musuh dengan satu serangan ( makanya sering latihan serius )
    selamat mencoba

  19. #
    mohammad ilyas, di/pada Juli 15th, 2008 pada 11:04 am Dikatakan:

    tolong rekan-rekan, bagaimana solusi / cara kalo lawan bawa senjata pistol dan ditempelkan ke jidat, teknik apa yang digunakan ?

    gampang….tangkap aja pistolnya ( usahakan jari jari kita mengunci pelatuknya ), tendang selangkangannya…nah pasti gantian dah yg nodongin pistolnya…..

  20. hebiryu
    belajar: karate, dll.
    teknik andalan beladiri : ilmu pengasihan dan zikir dalam hati.

    salam buat temen2 MP. moga2 makin sukses :p

  21. nama: Rizal
    beladiri: silat(PPS MP)

    Teknik andalan: tendangan sabit melayang,sirkel atas&tendangan belakang.
    kalo ketemu lawan biasanya qw suguhin aj serangan2 td. Tp hrus tunggu kesempatan yan tepat.
    Kesempatan it jg bisa qt buat sndiri kalo ktemu ama lawan yg gmpang trpancing. :)

  22. bela diri:SH,MP,n taekwondo

    teknik bebas:

    1. pukul ulu hati/leher

    2. tendang alat kelamin (biar mampus);p

    3. ambil senjata yang ada disekitar

    • mantap tuh……kl q kbanyakan pake Cal.55 jadi musuh mendekat lahsung hajar saja pake jurus berondongan maut….hahahahahahaha

  23. Beladiri MP ajah…

    Tehnik Pertandingan :BERDOA,
    Pancing lawan dengan gerakan tipuan atau isian(pukulan/tendangan), begitu lawan melakukan counter melangkah maju sirkel bawah/sapuan.

    Tehnik Bebas :BERDOA,
    Tunggu musuh menyerang, melangkah ke samping musuh, pukul tengkuk belakang/leher depan musuh sekeras2nya(tebasan).

  24. ada tidak, pukulan atau tendangan beladiri yang membuat lawan jadi kawan ? atau kita pukuli terus makhluk tsb lalu kita tendang dan hajar sampai habis pakai teori beladiri yang teman teman pelajari kalau perlu pakai senjata apa aja ?
    koq sadis sekali ya, kita-kita ini ! apa kita memang jadi sadis , setelah belajar beladiri !
    bagaimana kalau kita temukan dan pelajari aja jurus kasih sayang pada sesama ? MERSUDI PATITISING TINDAK PUSAKANE TITISING HENING DAN SUMBANGSIHKU TAK BERHARGA NAMUN KEIKHLASANKU NYATA ( ini solusinya)

  25. TEknik bebas:saat lawan menyerang, lakukan hindar kemudian balas dengan tendang/ pukulan yang sasarannya rahang bawah.kalo msh blm berhasil lakukan jurus “maling dikejar masa”(kaburrrrr)

  26. aku suka yang punya power besar

  27. teknik andalanku saat musuh menyerang aku langsung mengambil langkah seribu, tau kenapa? al’ya setiap ada yang mau nantangin aku gulat aku pengen banget ke WC alias pengen beolll hehehehehe….
    buat-buat km
    selamat …
    menjadi pendekar sejati ya….

  28. tehnik pertandingan : tunggu serangan lawan , hindar lalu tendang lawan supaya dpt poin. NB:gerakan harus cepat .
    tehnik bebas :pancing lawan dgn tendangan pelan agar dipegang, lalu dng bertumpu pd kaki yg dipegang putar badan utk menendang lawan menggunakan tumit.

  29. Beladiri: Silat( Kuntau dari Sangatta & Beksi )

    1.VERSI KUNTAU> jika di todong preman dari depan dengan sebilah pisau & ia menghujamkan piau itu ke arah kita,mengelaklah ke samping kiri(apabila ia menghujamkan dengan tangan kanan).Lalu tangkap tangannya & lipat tangannya ke arah perut atau leher!…atau patahkan tangannya!…

    2.VERSI BEKSI> Jika kondisi sama seperti di atas; tangkap tangannya(terserah dari sisi dalam atau luar),tumbuk dengan sikut tangan yang menghujamkan pisau,lalu tumbuk leher atau uluhatinya dengan sikut satunya lagi!…..

    • maaf anda orang kutai kah?
      mun iya dah berapa lawas kita belajar kuntau? ku ndak belajar kuntau lagi cuma ndik da sapa ndak ngajari lagi.
      terus guruku semalam bepadah denganku ndik da pedahnya lagi belajar kuntau wayah ni. padahal ku ni ndak bujur bekuntau

  30. Kalo menurut saya pribadi….teknik yang paling saya suka??????pancing pake tendangan sabit setengah saja ….lalu bgitu dia mau balas nendangnya…..masuk deras dan banting …kasik kepalanya hadap bawah sambil teken biar pingsan……….

  31. nama : chika
    beladiri : taekwondo
    bg temen2* yg mau bantuin aq, tolonk bantuin aq yach..gmn cara yang paling ampuh dan cepat untuk membuat lawan lengah dan jatuh..thankz..

  32. nama : chika imo3+zZ , hehe2..
    beladiri : taekwondo
    t.t.l : JAKARTA,20 september 1996

    cara ampuh untuk menang :
    1. konsentrasi pada lawan
    supaya mengetahui gerak-gerik lawan/musuh
    2.percaya kalaw qt pasti bs menank..
    3.jangan takut untuk menyerank
    4.jangan berfikir kalau qt akan kalah
    5.jangan takut menyerank,apabila berfikir akan maengenai bagian yg membuat diri sendiri/lawan akan sakit
    TIPZ TERAKHIR..
    6.BERDOA menurut kepercayaan masing2* agar bisa menank..
    OCHE…….!!!!!!!!!!!!!!!…………..

    apakah anda sudah mengerti…..???????????…..

    bagi yg mau knalan dgn aq..add yach fs q DI.

    cewek_beautiful99@yahoo.co.id

    …THANKZZZ…

  33. oh yach jagn lupa kasih coment yach di fs aq….oche……..

  34. nama

  35. NAMA:DWI SITI SARAH
    TTL:BUKITTINGGI,2 MEI 1996
    BELADIRI:TAE KWON DO

    untuk temen2 yang mau bantuin aq apa sih teknik yang paling ampuh untuk menyerang lawan…….thanks

    • amati lawan lihatkelemahan /kelengahannya serangan yang baik berasal dari pengamatan dan perhitungan habisi dengansatu serangan gitu menurut gw

  36. preman bawa pisol? golok? paling rasional ya kabur!

  37. hahahahha..ikut nimbrung boz..eh eh kaka..
    beladiri brutal aku demen banget..emang paling ampuh loh..
    apalagi klo udah berhadap hadap ma musuh yang mengulur2 waktu..langsung ajja upper-cut biar langsung K.O.

    udah si lawan jatuh tinggal pukul bertahap idungnya secara cepat..mulai dari jari di tekuk jari trus kepalin tangan..tapi yang cepet+tenaga yang secukupnya ditangan..biar idung nya langsung patah+idung musuh berdarah banyak..pingsan deh…trus tinggal gusur deh..hahaha

  38. nama : rere
    belajar : silat,aikido
    menurutq beladiri yang efektif yang paling gampang lari trus kita berhenti nah musuh yang ngejar kita paling depan paling gmpang dilumpuhin…kan lawan masih ngos ngosan…..itu menurutq….menurut kawan2 yang lain terserah…..

  39. tolong beri tekhnik’” dlm bela diri!

  40. jurus q kantong menyan aliyas anu nya adu aja ma tumitp pasti k o

  41. ” banyak bacot….kalian….sok..jago…ayo…lawan..aq…semua..deh…dan..terimalah..ilmu..santetku………….ciiiaaaaaaaaaaaaaaaaaaat…………plug!

  42. Sodare-sodare, ape yang ente semue sampein tuh cakep semue. Cuman kite gunainnye kudu ati-ati juga. Alias kudu bener. Jangan dipake buat belagu-belaguan ye.

  43. klw sy… anak karate INKANAS makassar
    sy punya cara sendiri..
    posisi semua anggota tubuh harus menyampingi lawan sehingga tangan kanan di depan siap untuk menangkis atau memukul dan kaki kanan siap untukmelompat dan menendang.
    jika lawan tidak menyerang atau masih berpikir untuk menggunakan serangan apa, kita langsung kense’ (artinya seperti ingin menyerang tetapi langsung d tahan, jadi badan sprti lngsung di rem). setelah itu lawan pst akan bingung, disitulah kita menggunakan kaki kanan untuk seolah-olah menendang kaki lawan yg ada d depan dengan sangat cepat dan kuat.., lalu kita arahkan tendangan kaki kanan kita ke arah kepala dengan mawasi geri dengan cepat dan kuat menggunakan ujung2 jari kaki yg ada d telapak kaki(jadi jari kaki ditekuk naik). kemudian jika gagal hantam lagi dengan sanbon suki(pukulankepala 1 dan ulu hati 2).
    kemudian dengan cepat tarik bajunyadengan tangan kiri (posisi tangan kiri lurus kedepan, jgn d tekuk) dan tangan kanan sdah bersiap dari tadi(telapak tangan terbukadan jari2 rapat sehingga semua kekuatan hanyaberada d satu tuitik, yaiti ujung telapak tangan).
    dan saatnya finishing…, sabet lehernya mnggunakan tgn kanan seolah2 lehernya harus diputuskan dengan tangan kita….
    TETAPI.., ingat!!! ini smua d lakukan dalam keadaan terdesak.. kkuatan paling sulit adalah kekuatan mnguasai diri…
    otak dan hati harus menyatu..
    satu pesan saya…, jgn tanggung2 mmberi pukulan atau tndangan.., usahakan dy mati dengan satu pukulan atw satu tendangan saja….
    facebook= akhmad rosyadi
    =karate oya

  44. Klu saya tehnik disesuaikan dgn posisi musuh, apabila kita yakin dgn pukulan keras & cepat ke mata/ulu hati/tendangan ke kemaluan pasti kena ya gunakan itu aja baru di lanjutkan dgn teknik bantingan atau kuncian, tp menurut pengalaman saya tdk pernah ada yg tdk ko setelah kena serangan tadi, jd posisi adalah penentu saya untuk menentukan teknik mana yg akan saya gunakan, satu contoh jika jarak lawan kurang dari satu langkah maka 99.9% pukulan akan kena apalagi pukulan tiba2 cepat & keras, klu jarak lawan satu langkah/lebih maka jarak aman, krn tendangan atau pukulan akan mudah di tangkis atau di hindari lawan, jd sebaiknya pancing musuh dgn tipuan & tunggu reaksinya & jika musuh kaget disitulah kita serang, ( teknik beladiri kan banyak, penggunaanya pun sesuai keperluan dan keadaan lawan, salah penggunaan bisa fatal bagi kita, contohnya tendangan sirkel atas jika digunakan pada saat lawan posisi siap dan pada saat kita menendang sirkel atas kemudian lawan maju menabrak apa yg akan terjadi pastinya kita yg akan jatuh, jika tmn2 ahli beladiri atau sdh belajar pastilah tmn2 tau dlm pelaksanaan tdk semudah sperti tmn2 tadi ucapkan, tentunya dgn latihan yg giat & pemahaman akan teknik serta teknik menyatu dgn tubuh barulah mantap)

  45. Nama : BUDIN BUGI KOMPEK lucu juga

    • kalo aku pake totokan di saraf yg vital aja.beladiri yg hampir punah tidak punya nama hanya dipakai kalangan tertentu karena bisa sangat berbahaya jika ditangan yang salah

      • sebenarnya latihan apa aja harus dijiwai.jangan pernah sombng apalagi menyakiti org yg tdk bersalah

  46. ohya selamat berlatih

    • yah klo q langsung tendang kelamin, and jika gk kn langsung tarik kepala & hamtam kan kelutut &……. mundur tendang leher & rusuk nah klo lawan dah terhela napas nya lalu cekek leher &banting terakhir injak ulu hati sekuat kuatnya

  47. saya dari perguruan Ambar Katawang.
    kalo menghadapi lawan, posisi kita berdiri santai aja spt mau shalat, sehingga kita bisa menghindar kearah manapun ketika lawan menyerang, setelah mengakis serangan langsung arahkan pukulan ke dagu lawan sekuat-kuatnya, karena di dagu banyak terdapat syaraf-syaraf yang ketika kena pukulan akan melumpuhkan atau membuat pingsan.
    terima kasih.
    salam damai

  48. klo di tdong pstol jarak dekat itu msih mudah coy..yg susah klo nodongnya jrk jauh

  49. W mau sharing nih,
    tentang beladiri dan masi bnyk lgi,,
    n klau ada,lngsung sms aja ya ke 085664537304 klau gk di fb juga boleh, yakumo_coolz@yahoo.com sebelum’y w ucapkan thank’z..
    KHUSUS YANG JAGOAN” AJA YA..

  50. Saya dr Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

    pd dasarnya beladiri itu ya cm untuk membela diri. Pendekar yg sudah mahir pandai mnggunakan ilmu PADI, semakin berisi semakin menunduk (rendah hati) sy baca komentar di atas ada yg hebat2an antar aliran beladiri. Pada dasarnya smua aliran itu punya teknik yg hampir sama & fungsi yg hampir sama jg, asal teknik dilakukan secara benar pasti mematikan, yg membedakan antar aliran hanyalah ideologi yg dianut saja,tp saya sarankan kita bangsa indonesia tetep gunakan pencak silat asli indonesia agar budaya kita tdk hilang, aliran2 beladiri dari luar negeri harusnya lbh dikurangi. :)

    Saya masih cupu, masih blajar di bbrp guru..salam kenal.

  51. …?

  52. Bela diri : Setia Hati Terate.
    Teknik, bnyak bgt..

    Gni br0,par qta lagY ada musuh, qta dketin dya trus pgang bjunya pake tngan kiri trus pkulin pake tngan kanan, lalu qta lepasin musuh dan lang sung d.sirckle kpalanya…
    D.jamin langsung mati deh, tpi ada d0.a nya byar lawan langsung mati…
    Oke,sekian dari aku…

  53. tehnik yag paling baik menurut daya adalah ketenangan dalam menghadapi lawan……

    ilmu dohir ja tidak cukup …boozzz

    kalau pengen jadi masternya silat… harus punya gerak dohir dan gerak batin…!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  54. kalo gue ckup dengan pandang.in lawan,ntah lawan mw gerak gimanapun pzti akhirny mental,n kapok

  55. kalo saya todongin pistol aja ke mereka, pasti mereka milih mundur dan ganti saya yg nodong mereka, ne cerita preman ditodong sama preman

  56. Kalau saya memang butuh pengetahuan tentang teknik bela diri, baik pukulan… tendangan ataupun lain sebaginya.. mohon bantuannya yach!!!!!!!

  57. mnurut pengalaman sya wktu d kroyok para brandalan d bbrpa tmpat bhkan prnah smpe brurusan dgn kodim 0501 wktu markas’y msih d prapatan senen krn sya trpaksa bakuhantam dgn ank stm lbih dr 5 org d dpn tb gunung agung…..teknik yg efektif dn efisien adlh…klo d silabus pancabela d sebut materi TAKTIS…PETIR … PANDORA….dn jika kondisi’y mmbahayakn jiwa mka apa boleh bwt gunakan PASER (patahan sendi ringkas) sbb klo sendi lawan sudah d patahkn cukup satu sja mka daya serang lawan akan drop……sekian mhon tdak d salahgunakn utk brbuat jahat….

  58. om mau belahar silat dong ajarin aku…!

  59. lari ja ko repot….

  60. gunakan teknik ni aj…
    tunggu lawan maju satu langkah lalu masukin serangan…
    syarat harus bs ngehindar serangan musuh yg pertma….
    smisal lawan menunggu…. gertak lwan agar mlakukan gerakan…
    amati tumpuan kaki lawan agar tw serangan yg bkal muncul………
    try it…

  61. NAMA: hafi
    TTL:banjarmasin,19.10.95
    BELADIRI: juijutsu

    untuk temen2 yang mau bantuin gimana cara nya panjat pohon tanpa tangan jadi jalan kaki aja gitu

  62. lebih enak pakai gaya ngangkang… ada yang datang peluk cium… main dehhhhhhhhhh :D :D :D

  63. nama: Yaris
    beladiri: Silat( Kuntau kilan, silek harimau,)

    kalau saya tergantung kondisi yang terjadi di lapangan. jika lawan 1 orang teknik serang atas dan permainan bawah khas silek harimau yang saya pakai Insya Allah efektif untuk pertarungan 1 lawan 1.
    dan jika lawannya lebih dari pada 1 teknik tarung kuntau kilan yang saya pakai. karena kuntau kilan lebih menekankan teknik bertarung bertahan dan menyerang. walaupun di perlukan kesabaran dan ketenangan yg tinggi saya rasa cukup efektif pada kondisi tersebut. dimana seorang pesilat Kuntau Kilan bisa melumpuhkan serangan musuh dengan serangan khas kuntau yaitu mematahkan tulang rawan seperti persendian dan sebagainya.

    bagaimana menurut anda??????

  64. Nama:muhaimin

    beladiri:tarung derajat

    misalx kalau ada msuh

    qta Mah cuman brdiri aja tunggu msuh serang

    kita tangkis
    langsung balas mukul mukax smpe berdarah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: