Kejurnas Sirkuit Pencak Silat Digelar Usai PON

JAKARTA (Suara Karya): Kejuaraan nasional Sirkuit Pencak Silat bakal digelar usai Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kaltim. Kejuaraan yang mempertemukan pesilat-pesilat dari seluruh Indonesia itu mulur dari jadwal biasanya lantaran saat ini daerah-daerah sedang berkonsentrasi ke PON.

“Dengan adanya PON, tentu daerah-daerah sedang berfokus mempersiapkan atlet mereka di PON nanti. Karena itu, Sirkuit Pencak Silat yang grand final-nya biasa digelar bulan Juli dan Agustus mulur dan kemungkinan baru akan dimulai sekitar Februari 2009 mendatang,” ujar Sekretaris Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Erizal Chaniago, di Jakarta, kemarin.

Meski grand final digelar sekitar bulan Februari 2009, usai PON, antara akhir Juli dan awal Agustus 2008, diharapkan Sirkuit Pencak Silat untuk wilayah satu sudah bisa berjalan. Wilayah satu terdiri dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sebelum mencapai babak grand final di Jakarta, Sirkuit Pencak Silat digelar di lima wilayah seluruh Indonesia yang masing-masing terdiri dari 6 atau 7 wilayah. “Setelah digelar di daerah yang dibagi ke dalam lima wilayah itu, para pemenang di setiap daerah akan diadu di grand final. Juara dari Sirkuit Pencak Silat ini diproyeksikan bisa ikut seleksi untuk tim SEA Games 2009 mendatang,” ujar Erizal.

Menurut pria asal Sumatera Barat ini, seleksi tim SEA Games 2009 yang akan mempertemukan juara PON, juara Sirkuit Pencak Silat, serta para juara kejurnas lainnya kemungkinan akan digelar pada Maret 2009.

Selain mempersiapkan tim SEA Games 2009, PB IPSI saat ini juga tengah melakukan pelatnas untuk menghadapi Asian Beach Games di Bali yang akan digelar bulan Oktober 2007. Adapun kelas yang akan dipertandingkan di Asian Beach Games adalah kelas A putra, H putra, A putri, D putri. Sedangkan untuk kategori seni, akan dipertandingkan tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

“Target kita dalam Asian Beach Games nanti adalah juara umum. Minimal dari 8 medali yang diperebutkan, kita meraih 4 emas,” ujar Erizal. (Syamsudin W)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: