Berbagai Atraksi Warnai HUT Pramuka

MENGGALA (Lampost): Serangkaian atraksi menghibur masyarakat meramaikan peringatan ke-47 Hari Pramuka di Lapangan AU Astra Ksetra, Menggala, Tulangbawang, Kamis (14-8).

Atraksi yang ditampilkan seperti drumben TK Indolampung, pencak silat Merpati Putih dengan mematahkan besi, beton, membelah semangka, dan menembak balon dengan mata tertutup.

Peringatan HUT ke-47 Pramuka tahun 2008 dipimpin langsung Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Irham Jafar Lan Putra sebagai inspektur upacara. Kegiatan itu juga dihadiri para pejabat se-Lampung.

Sebelum upacara HUT Pramuka, Panitia Pelaksana Sigit Trenggono menyatakan sekitar 2.000 siswa dari tingkat SMP dan SMA se-Lampung telah mengikuti kemah bersama di lapangan AU Astra Ksetra sejak Senin hingga Kamis (11–14-8).

Sekprov Lampung, membacakan teks tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr. H. Azrul Azwar, M.P.H., menjelaskan sejak dicanangkan revitalisasi gerakan pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda oleh Presiden RI tahun 2006 telah banyak kemajuan yang diperoleh.

“Kini, berbagai pihak kembali menyadari pentingnya peran gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda di Tanah Air,” kata dia.

Irham juga menjelaskan berbagai penelitian telah membuktikan peran gerakan pramuka dalam membina kaum muda sangat signifikan. Dalam

kaitannya dengan semangat kebangsaan, persatuan, dan kesatuan Indonesia serta bela negara, telah tercatat dengan tinta emas dalam sejarah kelahiran Negara Kesatuan RI.

Peran pramuka dalam nilai kebangsaan dimulai dengan lahirnya Budi Utomo tahun 1908. Kemudian, dilanjutkan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928, dan tekad bela negara yang ditandai dengan rela berkorban untuk mempertahankan Proklamsi Kemerdekaan 1945.

Irham menambahkan dalam kaitan dengan semangat kebangsaan tersebut, sungguh sangat tepat jika tema HUT ke-47 Pramuka tahun 2008 yang diusung, yaitu Dengan semangat kebangkitan nasional, kita pacu perkembangan gerakan pramuka.

Kemudian, kata Irham, kini, kita sedang memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional. Kini pula kita juga sedang memacu perkembangan gerakan pramuka melalui revitalisasi gerakan pramuka.

Dalam HUT Pramuka itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka juga memberikan penghargaan Lencana Darma Bhakti kepada Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini. Selian itu penghargaan serupa juga diberikan kepada H. Opang Suparno, Waka I/Proda Kwarda Lampung; Yuliansyah, Ketua Harian Kwarcab Lampung Timur, dan Hj. Herawati Suarno, Andalan Kwarda Lampung. n WID/D-3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: