IPSI Kalsel ‘Haramkan’ Atlet Luar Daerah Tampil di Porprov 2010

 

Untuk persiapan menghadapi Porprov VIII tahun 2010 di Kotabaru,IPSI Kalsel menggelar penataran pelatih wasit dan juri tgl 11-15 Agustus 2009.

Banjarmasin, KP – Pengurus Provinsi IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kalsel menyatakan ‘mengharamkan’ atlet daerah lain ikut tampil dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Kalsel tahun 2010 di Kotabaru.

Ketua Harian IPSI Kalsel, Drs H Djumadri Masrun MM mengutarakan hal itu pada acara pembukaan Pelatihan Pelatih wasit dan Juri Daerah, di aula Dekrans Daerah Kantor Gubernur Kalsel, Selasa malam kemarin (11/8).

"Dengan adanya pelatihan ini kita harapkan para pelatih untuk benar-benar memberikan pembinaan terhadap atlet-allet daerah, dan tidak mendatangkan atau menangani atlet dari luar Kalsel yang ingin mempersiapkan diri mengikuti Porprov di Kotabaru," jelas Djumadri.

Anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kalsel ini menyatakan kalau pembinaan atlet daerah dilaksanakan secara konsekwen, maka pada waktu mendatang kita akan memiliki pesilat yang benar-benar kualified.

"Karena silat merupakan seni budaya para leluhur kita, sebagai generasi penerus berkewajiban untuk mempertahankan dan melestarikannya," tandas Djumadri.

Gubernur Kalsel Drs Rudy Ariffin dalam sambutan tertulis dibacakan asisten II Bidang Ekonomi H Fitri Rifani,SH menilai kegiatan pelatihan memiliki nilai strategis untuk meninkatkan kualitas pelatih dan para wasit juri.

Dikatakannya, pelatih, wasit dan juri merupakan faktor penentu  dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga, termasuk pada cabang pencak silat yang kini sudah makin memasyarakat.

Dengan adanya pelatihan ini, kata Rudy diharapkan muncul pelatih dan wasit juri berkualitas dengan sikap profesional dalam tugasnya, sehingga bisa lebih mengajukan perkembangan pencek silat di daerah ini.

"Wasit juri sangat berperan dalam menyukseskan sebuah pertandingan supaya bisa berjalan lancar dan tertib. karena itu dengan adanya penataran ini akan banyak wasit juri berkualitas yang bisa bertugas pada level nasional," tandas Gubernur Rudy ariffin.

Diikuti 28 Peserta
Pelatihan Pelatih, Wasit dan Juri Daerah pada tingkat Dasar (pelatih dan wasit/juri Tingkat II) di Wisma PSPB Jl Pramuka Banjarmasin tanggal 11 – 14 Agustus 2009, diikuti sekitar 78 peserta.

Sekrum IPSI Kalsel, Drs H Widharta, menjelaskan kegiatan pelatihan merupakan Program Kerja IPSI Kalsel tahun 2007, dan hasil Rapat Pengurus tgl 17 Juli 2009. Bertujuan untuk menyiapkan pelatih dan wasit/juri untuk persiapan dalam kegitan pencak silat di Kerjurda, Porprov dan kegiatan lainnya.

Pesyaratan untuk mengikuti pelatihan, berpendidikan minimal SLTA atau sederajat. Menjadi pelatih cabang kabupaten/kota atau perguruan. mendapat rekomendasi dari IPSI kabupaten/kota setempat.

Selain itu harus memiliki kemampuan Pencak silat Tanding, Tunggal, Ganda dan Regu. Usia minimal 25 tahun, dibuktikan dengan ijazah/akta kelahiran. Memiliki jiwa kepemimpinan, mendidik, membina serta memdedikasi untuk mengembangkan pencak silat.

Melalui pelatihan ini diharapkan IPSI Kalsel bisa memiliki tambahan pelatih, wasit/juri bersertifikat, sehingga bisa mendukung kelancaran setiap pertandingan.

(Sumber : Kalimantan Post edisi Rabu, 12 Juli 2009)

13 Tanggapan

  1. hey…hey…hey….
    bagus z aturan kaya itu,,

  2. aku umpat tuan rumah buhanya ae…

  3. kd penting!!

  4. Ya to ky tch jd adil..
    Wasit nya jua hrz yg adil

  5. smogaku menang nanti

  6. heheheehheeh

  7. aku akn buat kejutan nanti liat ja??

  8. kDa tiNgGaL DiAm KaUanD

  9. ttp ae jw sewa atlit luar…….

    mna hkun tuan rmah klah………

  10. Tpi kta jg hrs inget lho tanam kn ilmu pdi smkn brisi smakn mnundk(jo smbng yo) he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: